Share

Menkes: 1,7 Juta Bayi di Indonesia Belum Dapat Imunisasi Dasar Sepanjang Pandemi

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 15:47 WIB
$detail['images_title']
1,7 juta bayi di Indonesia belum diimunisasi akibat pandemi (Foto: Medicaldaily)

PANDEMI Covid-19 ternyata juga berdampak terhadap program Imunisasi Dasar Anak Nasional. Fakta ini dibeberkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. 

Menkes tak menampik memang gara-gara pandemi Covid-19, cakupan imunisasi dasar untuk anak-anak Indonesia mengalami penurunan yang signifikan, bahkan tercatat ada 1,7 juta bayi yang belum diimunisasi sama sekali.

Imunisasi Dasar Anak

“Karena adanya pandemi, ada penurunan cakupan imunisasi rutin, dasar dan lanjutan yang cukup signifikan karena memang pergerakan tenaga di lapangan terhambat dan konsentrasi yang bergeser ke vaksinasi Covid. Sekitar 1,7 juta bayi belum dapat imunisasi dasar sepanjang pandemi dari tahun 2019 hingga 2021,” kata Menkes Budi, saat gelaran acara Temu Media: Bulan Imunisasi Anak Nasional, Kamis (12/5/2022).

Seiring dengan banyaknya anak yang belum dapat perlindungan imunisasi dasar, secara otomatis terjadi peningkatan jumlah kasus penyakit pada anak yang sebetulnya bisa dicegah dengan imunisasi dasar tersebut.

BACA JUGA : Tak Lengkapi Imunisasi Dasar Bikin Anak Rentan Terinfeksi Varian Baru Covid-19

BACA JUGA : Kemenkes Sebut Pandemi Covid-19 Pengaruhi Imunisasi Dasar

Menkes Budi menambahkan, memanfaatkan momen semakin kondusifnya situasi pandemi di Indonesia dan bulan imunisasi nasional, Kemenkes saat ini sedang menggenjot program imunisasi dasar anak-anak.

“Seiring dengan penurunan jumlah kasus Covid, kami galakkan imunisasi dasar tersebut. Dengan meningkatkan imunisasi dasar ini, jadi lebih baik coveragenya di seluruh Indonesia dan akan melindungi anak-anak kita dari penyakit. Sehingga saat anak-anak mencapai usia produktif, mereka maksimal bekerja dan menghasilkan untuk diri sendiri serta keluarga,” imbuhnya.

Terkait sebanyak 1,7 juta bayi yang belum dapat imunisasi dasar ini sendiri, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr. Maxi Rein Rondunuwu mengatakan, pemerintah menargetkan setidaknya tahun ini minimal 85 persen dari 1,7 juta bayi tersebut sudah bisa terlindungi oleh imunisasi dasar.

“Ideal seharusnya 100 persen ya, tapi kita targetkan minimal tercapai 85 persen. Kenapa, karena tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Sebenarnya enggak terlalu susah, asal serius dan dapat dukungan dari pemerintah daerah. Kami sangat yakin target 85 persen bisa tercapai,” tutup dr. Maxi

1
2