Share

Ditemukan 3 Kasus Diduga Hepatitis Akut Misterius, Ini Respons Kemenkes

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 07 Mei 2022 08:52 WIB
$detail['images_title']
Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi. (Foto: Kemenkes)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) memastikan adanya temuan 3 kasus yang diduga hepatitis akut misterius. Namun hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. Kasus tersebut dilaporkan dari daerah, setelah penetapan kewaspadaan oleh pemerintah terkait hepatitis akut misterius di dunia.

Kemenkes melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pun mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology) tertanggal 27 April 2022.

Baca juga: Manfaat Jus Jeruk bagi Otak, Sering Konsumsi Yuk! 

"Ada laporan sindrom kuning yang dilaporkan daerah sejak ditetapkan sebagai kewaspadaan," ungkap Juru Bicara Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid kepada MNC Portal, Jumat 6 Mei 2022.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa temuan kasus itu masih proses verifikasi untuk memastikan apakah benar keempatnya hepatitis akut misterius atau bukan.

Baca juga: Menikmati Libur Lebaran, Masak Soto Daging Gurih Saja Yuk! 

"Ada beberapa temuan kasus sekitar 3 hingga 4 kasus, tapi masih diverifikasi," jelas dr Siti Nadia.

Sehubungan dengan laporan tersebut, Kemenkes telah menunjuk Rumah Sakit Penyakit Infeksi Profesor Dr Sulianti Saroso dan Laboratorium Fakultas Kedokteran UI sebagai rujukan untuk pemeriksaan spesimen.

Dalam situasi yang sama, Kemenkes juga melakukan investigasi atas kematian 3 pasien anak di Jakarta yang meninggal diduga karena hepatitis akut bergejala berat.

"Sehingga, tentunya dari laporan tersebut perlu diperiksa lebih lanjut apakah termasuk kriteria," tambah dr Siti Nadia.

Baca juga: Hepatitis Akut Tak Ada Hubungannya dengan Vaksin Covid-19! 

Dalam konferensi pers Update Hepatitis Akut Misterius kemarin, dokter anak juga mengungkapkan adanya laporan kasus-kasus dari Jakarta dan luar daerah. Namun, belum bisa dipastikan apakah itu hepatitis akut misterius yang sedang berkembang di dunia.

"Saat ini memang sudah ada laporan-laporan, baik dari Jakarta laporan kasusnya, baik juga luar Jakarta adanya laporan-laporan dugaan untuk penambahan kasusnya (hepatitis akut)," kata Prof Dr dr Hanifah Oswari Sp.A(K), dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, dalam Update Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia secara daring, Kamis 5 Mei 2022.

1
2