Share

Kenali 8 Tipe Bau Mulut dan Jenis Penyakit Penyebabnya

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 02 Mei 2022 11:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Bau Mulut. (Foto: Shutterstock)

SELAMA berpuasa, bau mulut memang wajar terjadi lantaran kita tidak mengonsumsi makanan. Tapi, jika setelah berpuasa mulut kita tetap berbau, mungkin saja hal itu karena gangguan di rongga mulut.

Bau mulut atau halitosis juga bisa muncul akibat adanya kondisi medis yang mendasarinya. Jenis bau mulut nyatanya terdiri dari berbagai macam aroma. Yuk, ketahui macam-macam bau mulut dan penyebabnya berikut ini:

Beraroma Manis atau Buah

Diabetes yang tidak diobati bisa memicu komplikasi yang dikenal dengan istilah ketoasidosis diabetik (penumpukan asam di dalam darah akibat diabetes).

Melansir WebMD, bau mulut seperti buah-buahan bisa menandakan tingginya kadar keton (asam yang dibuat organ hati) di dalam tubuh. Bila Anda mengalami ketoasidosis diabetik, bau mulut bisa beraroma manis atau seperti buah.

Kemudian, diet rendah karbohidrat maupun puasa terkadang juga bisa menyebabkan perubahan bau mulut. Beberapa orang mendeskripsikannya sebagai aroma metalik, namun beberapa lainnya merasa ada aroma manis.

Diet rendah karbohidrat menyebabkan proses pembakaran lemak. Hal ini berujung pada pelepasan keton di dalam napas dan urine. Penumpukan keton bisa mengakibatkan perubahan aroma napas.

Busuk Seperti Sampah

Terdapat banyak penyebab dari jenis bau mulut yang busuk seperti sampah. Adanya infeksi di mulut, tenggorokan, atau paru-paru bisa membuat napas berbau seperti jaringan yang membusuk.

Contohnya, bronkiektasis (penebalan dan pelebaran tabung bronkial) bisa memicu infeksi pernapasan berulang dan munculnya lendir beraroma busuk.

Selain itu, penggunaan gigi palsu, mahkota gigi, atau alat-alat orthodontik yang tidak pas juga bisa menyebabkan napas berbau busuk. Kondisi ini diakibatkan sisa makanan terjebak di sela gigi dan adanya pertumbuhan bakteri.

Penyebab bau mulut busuk lainnya ialah penyakit gusi yang tidak diobati dan penyakit peradangan seperti granulomatosis.

Bau Mulut

Pembersih Kuteks

Ketika Anda menerapkan diet rendah karbohidrat seperti diet keto atau paleo, konsumsi karbohidrat menjadi sedikit. Efeknya, tubuh justru membakar simpanan lemak ketimbang karbohidrat, sehingga menghasilkan zat kimia bernama aseton pada prosesnya.

Tak heran bila penerapan diet tersebut bisa menimbulkan aroma napas seperti cairan pembersih kuteks. Selain itu, penderita diabetes juga dapat mengalami hal serupa.

Asam

Penderita GERD bisa memiliki aroma asam pada napas. Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, kondisi ini terjadi karena katup yang menyambungkan lambung dan esofagus tidak menutup sempurna.

“Penderita GERD memiliki asam lambung yang tinggi. Sementara itu, katup yang menyambung lambung dan esofagus tidak menutup dengan sempurna. Hal tersebut yang membuat aroma asam bisa keluar sampai ke daerah mulut dan keluar ke pernapasan,” jelasnya.

Dokter Iqbal menyampaikan, kondisi tersebut tidak hanya terjadi saat GERD kambuh. Selama penderita masih mengalami penimbunan asam dan GERD belum sembuh total, maka jenis bau mulut asam masih bisa terjadi.

Feses

Melansir Medical News Today, obstruksi (penyumbatan) usus terjadi saat usus kecil atau besar tersumbat dan tidak mampu menggerakkan makanan yang telah dicerna untuk keluar dari tubuh. Saat usus tersumbat, kotoran akan kembali ke atas dan membuat napas berbau seperti feses. Pada obstruksi usus yang parah, penderita bahkan bisa memuntahkan kotoran tersebut.

Amonia atau Urine

Dikenal juga dengan istilah azotemia, kondisi ini biasa terjadi karena adanya kerusakan pada ginjal akibat cedera ataupun penyakit. Jika ginjal tidak dapat mengeluarkan cukup nitrogen, maka terjadi penumpukan bahan kimia di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan napas berbau amonia.

Apek

Masalah kesehatan pada hati seperti sirosis bisa membuat napas berbau apek. Kondisi ini terjadi karena penumpukan volatile organic compound (VOC) di dalam tubuh saat hati tidak berfungsi dengan baik. Senyawa dimetil sulfida dianggap menjadi penyebab jenis bau mulut apek tersebut.

Amis

Trimethylaminuria merupakan gangguan enzim ketika tubuh tidak bisa memecah trimethylamine. Hal ini bisa membuat napas berbau amis. Itu dia macam-macam bau mulut beserta penyebabnya. Untuk mencegah dan mengatasi bau mulut secara umum, jaga kebersihan gigi dan periksa kondisinya secara teratur.

1
2