Share

Pos Kesehatan Mudik Memudahkan Pemberian Vaksin Covid-19 bagi Pemudik

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 29 April 2022 08:58 WIB
$detail['images_title']
Pemudik bisa vaksin di pos kesehatan (Foto: Okezone)

JURU Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, pemerintah menyediakan 200 dosis vaksin Covid-19 di setiap pos kesehatan mudik. Ini untuk memudahkan pemudik yang terjadwal vaksin di hari-H perjalanan mudik.

"Satu pos jumlahnya sekitar 100-200 dosis vaksin Covid-19," ujar dr Siti Nadia.

Sehubungan dengan momen mudik, Kemenkes mengantisipasi adanya pemudik sakit ataupun butuh pertolongan medis cepat. Dengan menyediakan 13.968 fasilitas kesehatan, yang disebar di seluruh Indonesia.

pemudik bisa vaksin Covid-19 

Guna membantu pemerintah, Dokter Irwan Gandana, MARS selaku Direktur Siloam Hospitals Purwakarta menambahkan, pihaknya ikut bersiaga penuh pada aspek layanan kesehatan bagi masyarakat yang akan merayakan hari raya Idul Fitri. Layanan siaga dilakukan jelang lebaran saat puncak arus mudik dan arus balik berlangsung.

"Siaga layanan kesehatan jelang hari raya ini diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten. Kami akan membuka pos kesehatan di rest area KM 72A arah menuju kota Bandung dengan tambahan mobil ambulance yang akan bersiaga guna membantu jika diperlukan saat arus mudik berlangsung. Selain itu, ada kegiatan vaksinasi covid-19 bagi pemudik yang melintas di jalur tol", ujar Dokter Irwan Gandana.

Siaga layanan kesehatan ini akan dilakukan dalam dua sesi, yaitu pada tanggal 2 dan 6 Mei 2022 dalam lokasi rest area yang sama.

 BACA JUGA:Kepaksa Vaksin Booster Pas Mudik, Pemudik Wajib Prokes dan Makan Sehat

"Selain bentuk kepedulian, layanan kesehatan ini sebagai antisipasi saat arus mudik berlangsung, termasuk vaksinasi bagi pemudik yang memerlukan", pungkas Dokter Irwan Gandana.

(DRM)