Share

Kenali Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru dari Stadium 1, 2, 3 dan 4

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
Kenali ciri-ciri kanker paru dari stadium 1,2,3 dan 4 (Foto: Healthline)

KENALI ciri-ciri kanker paru-paru dari stadium 1, 2, 3 dan 4 penting diketahui. Karena, gejala awal kanker paru-paru ternyata bisa tidak terlihat.

Secara umum kanker paru memiliki gejala seperti sesak napas, sakit punggung, batuk berkelanjutan, batuk berdahak atau berdarah, hingga nyeri di bagian dada.

Secara spesifik, kurang lebih sama seperti jenis penyakit kanker lainnya, kanker paru per stadium memiliki ciri-ciri tersendiri. Melansir Healthline, Kamis (28/4/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh pulmonologis Dr. Fred Aleskerov, MD, berikut uraian singkat ciri-ciri kanker paru dari stadium 1 hingga stadium 4.

1. Tipe non-small cell lung cancer (NSCLC) terbagi hingga 4 stadium.

Kenali Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru dari Stadium 1, 2, 3 dan 4

(Kenali Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru dari Stadium 1, 2, 3 dan 4, Foto: Healthline)

- Stadium 1: Masih tergolong ringan, stadium 1 kanker paru ciri-cirinya di sini kanker sudah ditemukan di paru-paru tapi belum menyebar ke luar paru-paru.

- Stadium 2: Sel kankernya sudah ada di paru-pari dan juga di kelenjar getah bening yang ada di dekatnya.

- Stadium 3: Kanker ada di paru-paru dan kelenjar getah bening yang terletak di tengah dada.

- Stadium 3A: Kanker ditemukan ada di kelenjar getah bening, tetapi spesifik cuma di sisi dada yang sama tempat kanker pertama kali mulai tumbuh.

BACA JUGA : Kiki Fatmala Berjuang Melawan Kanker Paru, Kenali Gejalanya Yuk!

BACA JUGA : Tak Kena Covid-19 Tapi Alami Batuk dan Sesak Napas, Hati-Hati Kena Kanker Paru

- Stadium 3B: Di stadium ini, kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sisi berlawanan dari dada atau malah bisa juga sudah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di atas tulang selangka.

- Stadium 4: Di level paling akut ini, kanker bukan cuma sudah menyebar ke kedua paru-paru, tapi juga sudah meluas menyebar daerah sekitar paru-paru, atau ke organ tubuh lainnya yang letaknya jauh dari kedua paru-paru.

2. Small-cell lung cancer (SCLC)

Terbagi dua stadium, terbatas dan ekstensif. Pada stadium terbatas, sel kanker hanya ditemukan di satu paru-paru atau bisa juga malah hanya ada di kelenjar getah bening yang di dekat paru-paru dan terletak di sisi dada yang sama

3. Stadium ekstensif

Hadir dengan ciri-ciri di mana kanker telah menyebar ke seluruh bagian paru-paru, paru-paru yang berlawanan, kelenjar getah bening di sisi yang berlawanan, ke cairan di sekitar paru-paru, sumsum tulang bahkan juga sudah menyebar di organ tubuh lain yang jauh.

1
2