Share

Begini Tips Mencegah Gagal Jantung Pasien Diabetes

Antara, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 16:07 WIB
$detail['images_title']
Mencegah gagal jantung (Foto: Medical news today)

SALAH satu komplikasi penyakit diabetes yang sering terjadi adalah gagal jantung. Oleh karena itu pasien diabetes wajib menjaga kadar gulanya agar tak menimbulkan komplikasi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr. Ferica Valentine Kuhuwael Sp. PD., menjelaskan, seseorang yang mengalami diabetes umumnya tidak bisa sembuh sempurna, sehingga hal yang dapat dilakukan adalah menjaga kadar gula tetap normal, guna mencegah berbagai komplikasi yang dapat terjadi, seperti komplikasi gagal jantung.

 diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit metabolisme jangka panjang atau disebut kronis. Penyakit Diabetes memiliki beberapa tipe. Singkatnya, kegagalan organ Pankreas mengakibatkan penurunan produksi insulin yang berfungsi menstabilkan kadar gula dalam darah yang disebut tipe pertama.

Tipe kedua terjadi dengan adanya 'Resistensi Insulin' yang disebabkan oleh gaya hidup kurang berolahraga, obesitas karena asupan makanan dan lainnya.

"Kemudian dikenal juga tipe Diabetes Gestasional yang terjadi pada ibu hamil, walaupun tidak semua ibu hamil akan mengalami diabetes tipe ketiga ini. Terdapat beberapa tanda dan gejala umum penderita diabetes seperti berat badan turun drastis, cepat lapar dan haus sering serta sering buang air kecil," terang Dokter Ferica.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study menemukan bahwa gagal jantung berisiko 2 kali lebih tinggi pada pria, dan 5 kali lebih tinggi pada wanita, yang mengidap diabetes.

Risiko terkena gagal jantung juga akan semakin meningkat seiring bertambahnya umur dan durasi diabetes yang dialami.

Oleh karena itu, Dokter Ferica menyarankan agar pengidap diabetes senantiasa rutin mengelola pola makan dan berolahraga selain melakukan pemeriksaan rutin, salah satunya melalui pemeriksaan laboratorium.

"Tujuannya mendeteksi antara lain mengetahui kadar gula darah agar dokter dapat mendiagnosa dan memberi cara pengobatan yang efektif," terang Dokter Ferica.

 BACA JUGA: Bestie, Ayo Cegah Diabetes dengan 3 Tips Dokter Ini!

Ia juga mengingatkan para pasien untuk berpuasa sebelum cek gula darah puasa serta pemeriksaan HbA1C.

(DRM)