Share

Kenali Manfaat Air Lemon bagi Kesuburan Pria, Cocok yang Lagi Program

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 15:29 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Air Lemon. (Foto: Shutterstock)

BAGI pasangan yang tengah menjalani program buah hati, memang harus memperhatikan asupan yang mereka makan. Bukan hanya untuk calon ibu, para calon ayah pun juga harus memperhatikan kesehatan mereka.

Banyak cara untuk meningkatkan kesuburan pria, salah satunya menggunakan bahan-bahan alami seperti air buah lemon. Air lemon diketahui mengandung beberapa vitamin yang bantu atasi kesuburan. Berikut manfaat kandungan di dalam air lemon untuk kesuburan pria.

Di dalam satu ons (29 ml) air lemon mengandung 12 miligram vitamin C. Mikronutrien yang satu ini juga dikenal sebagai antioksidan yang mampu mencegah dan mengurangi kerusakan sel serta jaringan di dalam tubuh. Sementara itu, cairan yang bercampur dengan sperma saat ejakulasi (plasma meni) mengandung vitamin C yang tinggi.

Menurut International Journal of Reproductive BioMedicine, pria dengan masalah kesuburan mengalami penurunan kadar antioksidan dalam air mani. Konsumsi vitamin C dari air lemon dalam dan diimbangi dengan diet sehat dianggap bisa meningkatkan kesuburan pria.

Air lemon

Pasalnya, peningkatan konsumsi vitamin C bisa membantu meningkatkan jumlah antioksidan dalam air mani yang mencegah kerusakan sel sperma.

Selain vitamin C, nutrisi lain yang terkandung di dalam air lemon adalah vitamin B9 atau folat. Folat merupakan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan DNA. Berdasarkan penelitian dari Urology Journal, konsumsi folat bisa meningkatkan produksi sperma pada pria.

Sayangnya, studi dari First International Journal of Andrology menunjukkan hasil sebaliknya. Penelitian tersebut mengayakan folat tidak mampu meningkatkan kualitas sperma yang juga merupakan salah satu penyebab infertilitas.

Kedua studi yang ada memerlukan penelitian lanjutan untuk mendukung manfaat folat untuk mengatasi ketidaksuburan pada pria. Meskipun, dipercaya bermanfaat bagi kesuburan, penggunaan air lemon secara langsung ke organ intim pria justru bisa membahayakan sperma pria.

Penelitian yang dimuat dalam Agriculture and Natural Resources menyimpulkan air mani yang terpapar air lemon bisa menyebabkan kerusakan sperma.

Hal serupa juga disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini. Ia menyampaikan, penggunaan air lemon secara langsung ke organ intim bisa membahayakan sperma. “Paparan air lemon secara langsung memang bisa mematikan pergerakan sperma karena lemon sifatnya asam,” kata dr. Dyah Novita.

Karena itu, dr. Dyah Novita tidak menyarankan penggunaan air lemon secara langsung ke organ intim.

Itu dia manfaat serta risiko penggunaan air lemon terhadap kesuburan. Beberapa penelitian menunjukkan hasil memuaskan untuk memasukkan air lemon ke daftar menu diet sehat dan bermanfaat bagi kesuburan. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan air lemon ke dalam minuman, sebagai dressing atau saus salad, hingga menambahkannya ke dalam olahan daging.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar kesuburan, konsultasikan langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

1
2