Share

Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara dari Stadium 1, 2, 3 dan 4

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 20:00 WIB
$detail['images_title']
Kenali ciri-ciri kanker payudara dari stadium 1, 2, 3, dan 4 (Foto: Timesofindia)

KENALI ciri-ciri kanker payudara dari stadium 1, 2, 3 dan 4 penting untuk Anda ketahui. Karena, mengetahui ciri-ciri kanker payudara sejak dini dapat menentukan pengobatan dan memperbesar peluang untuk sembuh. 

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit mematikan yang menjadi momok bagi masyarakat Indonesia. Penyakit satu ini, bisa dibilang merupakan silent killer atau pembunuh diam-diam. Mengingat, gejala atau tanda-tandanya bisa saja tak terlihat.

Kanker payudara terbagi dalam lima tingkatan stadium, yakni dari stadium 0 sampai stadium yang paling akut, stadium 4. Dokter membagi kanker payudara menjadi beberapa tahap berdasarkan ukuran tumor dan seberapa banyak penyebarannya.

Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara dari Stadium 1, 2, 3 dan 4

(Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara dari Stadium 1, 2, 3 dan 4, Foto: Timesofindia)

Jika kanker yang ada, ukurannya besar dan telah menyerang jaringan atau organ di sekitarnya. Maka kanker tersebut sudah di stadium yang lebih tinggi daripada kanker yang kecil atau masih terdapat di payudara.

Melansir Healthline, Rabu (27/4/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Alana Biggers, M.D., MPH, dokter penyakit dalam bersertifikat dewan ABMS. Berikut ulasan singkat ciri-ciri kanker payudara dari stadium 0 hingga stadium 4.

Stage 0 : Sel kanker di stadium ini tetap terbatas pada saluran di payudara dan belum menyebar ke jaringan terdekat.

Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara dari Stadium 1, 2, 3 dan 4

(Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara dari Stadium 1, 2, 3 dan 4, Foto: Timesofindia)

Stadium 1: Dibagi dalam dua tahap, stadium 1 A ciri-cirinya tumor primernya memiliki lebar kurang lebih 2 sentimeter dengan kelenjar getah bening yang tak terpengaruh. Sementara untuk yang stadium 1B, kankernya ditemukan di kelenjar getah bening terdekat. Tumor payudaranya bisa ada dengan ukuran kurang dari 2 sentimeter, atau bisa juga justru tidak ada tumor di payudara sama sekali.

BACA JUGA : Kanker Payudara di Indonesia Masih Menghkawatirkan, Kemenkes Coba Cara Baru untuk Deteksi Dini

BACA JUGA : Waspada, Stres Bisa Jadi Pemicu Kanker Payudara!

Stadium 2: Dibagi dalam dua stage yakni 2A dan 2B. Stadium 2A hadir dengan ciri-ciri tumornya berukuran kurang dari 2 sentimeter, menyebar dan ke satu hingga tiga kelenjar getah bening di dekatnya. Tapi, bisa juga ukuran tumornya berukuran antara 2 dan 5 sentimeter tapi belum menyebar ke kelenjar getah bening. Sementara stadium 2B, ukuran tumor payudaranya bisa 2 hingga 5 sentimeter dan sudah menyebar ke 1 hingga 3 kelenjar getah bening aksila (di ketiak). Bisa juga sizenya lebih besar dari 5 sentimeter dan belum menyebar ke kelenjar getah bening mana pun.

Stadium 3: Di stadium ini, terbagi dalam tiga stage yaitu 3A, 3B, dan 3C. Di stadium 3A, kankernya sudah menyebar ke 4 sampai 9 kelenjar getah bening di ketiak atau telah memperbesar kelenjar getah bening mammae internal. Ukuran tumor payudaranya bisa berukuran berapa saja, biasanya bisa lebih besar dari 5 cm. Di stadium 3B, tumor sudah menginvasi dinding dada atau kulit dan tentatif (bisa atau tidak) menginvasi hingga 9 kelenjar getah bening. Sementara di tahapan stadium 3C, di sini sel kankernya bisa ditemukan di banyak tempat. Mulai dimi 10 atau lebih kelenjar getah bening aksila, kelenjar getah bening di dekat tulang selangka, atau kelenjar susu internal.

Stadium 4: Pada kanker payudara stadium 4, cirinya adalah tumornya bisa berukuran berapa pun. Sel kankernya telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya dan juga menyebar bahkan ke organ lain yang jauh.

1
2