Share

5 Cara Agar Pasien Gagal Ginjal Bisa Jalani Puasa

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 16:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Pasien Gagal Ginjal. (Foto: Shutterstock)

BERIKUT 5 cara agar pasien gagal ginjal bisa jalani puasa. Ibadah puasa menjadi kewajiban umat Muslim di bulan Ramadan.

Hanya saja, tidak sedikit umat Muslim dengan kondisi kesehatan tertentu yang khawatir untuk menjalankan kewajiban tersebut. Salah satunya bagi penderita gagal ginjal.

Pasalnya, puasa bagi penderita gagal ginjal dapat berbahaya apabila tidak dilakukan dengan benar. Namun sebaliknya, puasa bisa bermanfaat bagi kesehatan penderita penyakit tersebut jika dilakukan dengan tepat.

Lantas, bagaimana agar pasien gagal ginjal dapat menjalani puasa? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Pasien Gagal Ginjal ingin puasa

Konsultasi dengan Dokter Terlebih Dahulu

Boleh atau tidaknya penderita gagal ginjal berpuasa dikembalikan lagi kepada kondisi pasiennya. Untuk pasien gagal ginjal yang melakukan cuci darah juga perlu pemantauan ketat apabila hendak berpuasa. Oleh karena itu, penderita gagal ginjal yang hendak berpuasa sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Apabila dokter mengizinkan, Anda bisa berpuasa selama sebulan penuh dengan pemantauan yang ketat. Akan tetapi, jika dokter tidak menyarankan, pastikan tidak memaksakan diri untuk berpuasa.

Rutin Konsumsi Obat yang Diberikan Dokter

Penderita gagal ginjal diharuskan untuk tetap mengonsumsi obat. Pasalnya, jika menghentikan konsumsi obat penyakit ginjal akan berakibat fatal pada kesehatan Anda.

Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter, tanpa dikurangi atau dilebihkan.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat berpuasa, tubuh tidak akan mendapatkan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Hal ini bisa meningkatkan risiko dehidrasi alias kekurangan cairan.

Pada penderita penyakit gagal ginjal, kekurangan cairan tubuh hingga tahap dehidrasi bisa berdampak fatal. Hanya saja, hindari minuman yang mengandung kafein tinggi, seperti kopi dan teh.

Hindari Makanan Berkalium Tinggi

Penderita penyakit ginjal harus menjaga kadar mineral dan elektrolit agar tetap seimbang. Sehingga penting bagi penderita untuk menghindari makanan berkalium tinggi seperti junk food atau makanan olahan. Hal inilah mengapa makanan, seperti roti, buah, dan sayuran lebih dianjurkan untuk dikonsumsi penderita gagal ginjal.

Lakukan Kontrol Rutin

Tak lupa bagi penderita gagal ginjal untuk tetap melakukan kontrol rutin. Usahakan untuk kontrol ke dokter setiap 1 atau 2 minggu sekali. Hal ini untuk memantau kondisi kesehatan ginjal dengan saksama.

1
2