Share

Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil, Bisa Bantu Kurangi Morning Sickness Loh

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 14:34 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

BERIKUT manfaat puasa untuk ibu hamil yang mungkin Anda tidak ketahui. Memang, tidak semua ibu hamil bisa menjalankan ibadah puasa. Mereka yang diizinkan adalah yang sudah memasuki trimester kedua, dengan rekomendasi dokter kandungan.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Bamed dr Muhammad Fadli, Sp.OG, mengatakan manfaat puasa untuk ibu hamil yang bisa dirasakan di trimester kedua. Hal ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit gula pada saat hamil atau yang disebut dengan Diabetes Gestasional.

"Tak hanya menurunkan risiko diabetes gestasional, puasa saat hamil usia kandungan trimester kedua juga bisa menekan kenaikan berat badan yang drastis yang biasa dialami ibu hamil," terangnya.

Berikut manfaat puasa untuk ibu hamil yang dirangkum okezone :

Puasa untuk ibu hamil

Berkurangnya Morning Sickness

Sebagian besar wanita mengalami morning sickness di masa awal kehamilan. Gejalanya ditandai dengan mual dan muntah dalam frekuensi sering. Gejala ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung di pagi hari yang menyebabkan ingin muntah. Nah, ketika menjalankan puasa, ibu hamil bisa terhindar dari gejala mual ini, sehingga morning sickness tidak akan terjadi. Tentunya ini akan memberikan kesehatan bagi ibu hamil.

Membantu pembakaran Lemak Tubuh

Ibu hamil akan mengalami penambahan berat badan dan juga lemak. Namun, dengan berpuasa bagi ibu hamil adalah mampu membakar lemak yang tidak berguna di dalam tubuh.

Membantu Detoksifikasi

Dengan berpuasa, maka memberikan manfaat kesehatan bagi ibu hamil seperti membuang racun atau detoksifikasi tubuh. Saat tubuh tidak diberi asupan makanan selama beberapa waktu, pada saat itulah tubuh akan berusaha membuang zat-zat yang merupakan penyebab bahaya dan tidak berguna bagi ibu hamil.

 

Cegah Kolesterol Tinggi

Menjalankan puasa bisa mengontrol kolesterol dalam darah akan tetap rendah dan stabil.

Bantu Atur Kadar Gula Darah

Mengonsumsi gula dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, melakukan puasa menjadi trik ampuh untuk membuat kadar gula darah tetap stabil. Hal ini tentunya bisa memberikan efek posotif bagi ibu hamil.

1
2