Share

4 Bahaya Tetap Bekerja Saat Tipes, Bisa Fatal!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 25 April 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
4 Bahaya Tetap Bekerja saat Tipes (Foto: Healthline)

4 BAHAYA tetap bekerja saat tipes dalam artikel ini bisa membuat Anda berpikir dua kali untuk memaksakan diri. Seseorang yang sakit tipes memang disarankan dokter untuk perbanyak istirahat dan perbaiki kualitas makan. Makanya, mereka yang sakit tipes tidak diharapkan bekerja dalam beberapa waktu.

Selain karena badan mereka yang tidak bugar, tetap bekerja saat tipes bisa membahayakan diri pasien. Hal ini karena badan yang semestinya beristirahat dipaksa tetap bergerak yang pada akhirnya malah memicu masalah lain.

4 Bahaya Tetap Bekerja Saat Tipes

(4 Bahaya Tetap Bekerja Saat Tipes, Foto: Healthline)

Penyakit tipes gejalanya sangat khas, menurut NHS, yaitu panas dingin, demam, sakit kepala, dan nyeri otot seperti saat flu, dan ruam pada beberapa area kulit.

Pada beberapa kasus, tipes juga menyebabkan diare, batuk kering, sakit perut, hingga sakit punggung. Dengan kondisi gejala tersebut, sangat tidak baik bila tetap aktif bergerak karena bekerja.

Menurut laman WebMD, seseorang yang mengabaikan penyakit tipes salah satunya dengan tidak beristirahat total, akan menyebabkan beberapa komplikasi atau perburukan kondisi kesehatan. Komplikasi tersebut bisa membahayakan nyawa.

Berikut beberapa komplikasi dari tipes:

1. Peradangan otak dan sumsum tulang belakang

2. Pembesaran limpa

3. Peradangan pada otot atau katup jantung

4. Perdarahan organ dalam

5. Kerusakan ginjal 

6. Kerusakan hati

7. Tekanan darah rendah

8. Radang paru-paru

9. Syok septik

BACA JUGA : Mengenal Penyakit Tifus Scrub serta Penyebabnya

BACA JUGA : Amanda Manopo Kena Tifus, Mbak Andin Coba Konsumsi Biji Pepaya Deh

Lebih lanjut, mengapa istirahat penting saat tipes atau penyakit infeksi lainnya? Istirahat merupakan bagian dari pengobatan. Saat Anda mengonsumsi obat-obatan, tidur memaksimalkan kerja dari obat-obatan tersebut. Istirahat juga 'me-recharge' energi yang hilang karena tubuh melawan virus.

"Perbanyak tidur, karena itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan penyakit. Tidur siang boleh ditambahkan saat Anda sedang sakit," ungkap laman Integrative Primary Care, dikutip MNC Portal, Senin (25/4/2022).

Jadi, jika Anda terdiagnosa tipes maka pilihan terbaik adalah beristirahat dan izin untuk tidak bekerja dalam beberapa hari, sesuai saran dokter Anda. Istirahat yang berkualitas memastikan kesembuhan lebih optimal.

1
2