Share

Soal Endemi, Ahli Epidemiologi: Juni 2022 Baru Akan Diketahui

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 16:05 WIB
$detail['images_title']
Menuju endemi Covid-19 (Foto: Antara)

PEMBAHASAN soal endemi Covid-19 masih hangat di masyarakat. Terlebih, Kementerian Kesehatan belum lama ini mengumumkan hasil sero survei yang mengatakan penduduk Jawa-Bali 99,2% sudah punya antibodi Covid-19.

Dari angka yang tinggi tersebut, apakah itu artinya endemi sebentar lagi akan diumumkan Indonesia?

 Ahli epidemiologi

Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia Iwan Ariawan menerangkan bahwa soal hasil sero survei apakah menentukan Indonesia sudah endemi atau belum, itu tidak bisa jadi salah satu indikator.

"Terlebih, sero survey terbaru ini diambil hanya di Jawa-Bali, tidak menggambarkan populasi Indonesia secara nasional," terang Iwan dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/4/2022).

Meski begitu, Iwan menerangkan bahwa ada kemungkinan status endemi akan diumumkan pada Juni 2022 setelah hasil sero survei nasional rampung dikerjakan.

"Juni 2022 akan keluar hasil sero survei level nasional. Dari sana mungkin akan terbaca apakah Indonesia sudah masuk endemi atau belum," katanya.

Di kesempatan tersebut, Iwan pun menekankan bahwa sekalipun nanti Indonesia menyatakan endemi Covid-19, protokol kesehatan tidak boleh berhenti dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, vaksinasi harus terus dijalankan sampai kalau bisa seluruh target penerima vaksin Covid-19 tercapai.

 BACA JUGA:Status Endemi Akan Disampaikan Presiden, Kapan Waktunya?

"Vaksinasi terbukti memberikan perlindungan pada masyarakat terhadap paparan virus maupun infeksi yang parah jika terpapar. Karena itu, vaksinasi harus terus digalakkan sekalipun nanti status endemi dicapai," tambah Iwan.

(DRM)