Share

Vaksin Merah Putih Selesai Produksi Agustus 2022, Dipakai untuk Apa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 15:39 WIB
$detail['images_title']
Vaksin merah putih akan selesai agustus (Foto: Freepik)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan update terkini soal vaksin Merah Putih yang banyak diharapkan, dan akan menjadi vaksin buatan anak bangsa yang efektif melawan Covid-19.

Menurut Menkes Budi, vaksin Merah Putih diprediksi selesai diproduksi dalam waktu dekat. "Mungkin selesai produksi pada Agustus hingga September 2022," terangnya pada awak media saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

 Vaksin merah putih

Vaksin Merah Putih kini tengah diteliti oleh tim peneliti Universitas Airlangga Surabaya yang bekerja sama dengan PT Biotis. Vaksin tersebut kini telah memasuki fase 2 yang direncanakan akan memasuki fase uji klinis fase 3 pada akhir Mei 2022.

Soal penggunaannya, Menkes Budi menerangkan bahwa vaksin Merah Putih direncanakan untuk booster dan vaksin anak. "Bahkan, rencananya presiden minta vaksin Merah Putih nantinya diperuntukan juga untuk donasi ke luar negeri," papar Menkes Budi.

 BACA JUGA: Efek Samping Vaksinasi Covid-19 pada Anak Ringan

Jika produksi selesai sesuai jadwal, rencananya Badan Pengawas Obat dan Makanan akan mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) tak lama setelah vaksin selesai diproduksi.

(DRM)