Share

4 Cara Tetap Aktif Berolahraga saat Puasa, Gak Bakal Lemas dan Dehidrasi!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Tips olahraga saat puasa (Foto: Alarabiya)

MENJALANI puasa di bulan Ramadan bukan alasan untuk bermalas-malasan. Terlebih bila Anda sudah terbiasa aktif bergerak dan berolahraga setiap hari.

Sebab, menurut penelitian, orang-orang yang rutin berolahraga tiga kali seminggu selama 11 bulan dan lalu tidak berolahraga sama sekali selama bulan puasa, maka kekuatan dan kebugaran tubuhnya akan menurun.

Lantas bagaimana caranya agar Anda bisa tetap aktif bergerak dan berolahraga saat sedang berpuasa Ramadan? Berikut tipsnya seperti dirangkum dari siaran pers yang diterima MNC Portal, Selasa (19/4/2022).

Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga

Tips Puasa

Sekitar 90 menit sebelum berbuka puasa menjadi waktu yang paling direkomendasikan untuk berolahraga, karena kamu tak perlu menunggu lama untuk bisa makan dan minum. Namun jika tubuh Anda tak bisa diajak berolahraga saat puasa, maka lakukan setelah berbuka puasa atau sebelum sahur karena tubuh Anda sudah kembali memiliki energi dari makanan.

BACA JUGA : Kenali Penyebab Pusing Setelah Olahraga saat Puasa, Yuk Cegah Sebelum Terlambat

BACA JUGA : 5 Tips Menjaga Asupan Nutrisi Selama Bulan Puasa

Pilih olahraga intensitas rendah atau sedang

Berolahraga saat berpuasa harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak membuat tubuh stres dan kelelahan. Ada baiknya Anda menurunkan intensitas olahraga menjadi medium atau rendah.

Untuk olahraga intensitas medium, Anda bisa latihan beban, bersepeda, atau jogging. Sementara untuk yang intensitas rendah, Anda bisa melakukan dynamic stretch diikuti dengan latihan kardio low impact.

Olahraga rutin

Puasa Ramadan

Tak perlu merasa bersalah jika melewatkan olahraga karena banyaknya kegiatan yang harus dilakukan. Waktu yang disarankan untuk berolahraga dalam seminggu bagi orang dewasa adalah 150 menit, dan Anda bisa membagi jumlah ini menjadi olahraga 3-4 kali dalam seminggu. Jadi Anda bisa punya waktu untuk menjalankan berbagai kegiatan ibadah selama bulan suci Ramadan.

Jaga hidrasi tubuh

Terakhir yaitu menjaga hidrasi pada tubuh. Seperti kita tahu, tubuh dehidrasi dapat terjadi saat Anda sedang berpuasa, apalagi jika Anda kurang minum antara waktu berbuka puasa dan sahur. Olahraga juga dapat membuat cairan tubuh keluar lebih banyak lewat keringat. Untuk menghindari dehidrasi, pastikan Anda minum air putih minimal dua liter sehari atau sekitar 8-10 gelas.

Kemudian, batasi minum kopi dan teh karena kafein bersifat diuretik yang membuat cairan tubuh banyak keluar. Hindari juga minum jus buah karena kandungan gula yang tinggi dapat mengganggu kesehatan.

1
2