Share

Anak Puasa, Dokter: Beri Menu Sahur dan Buka Bergizi

Antara, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 15:35 WIB
$detail['images_title']
Anak ikut puasa Ramadan (Foto: The conversation)

ANAK banyak yang ikut berpuasa di tengah pandemi Covid-19. Nah, orangtua harus memberikan perhatian khusus.

Menurut dokter spesialis anak, menu sahur dan buka yang dihidangkan saat anak berpuasa, harus mengedepankan gizi seimbang.

 anak puasa

Namun ada kandungan yang perlu dihindari oleh para orangtua yaitu pengawet dan pemanis buatan. Sebab jika yerlalu banyak bisa menimbulkan penyakit yang efek sampingnya menyerupai gejala Covid-19, seperti pilek, sakit tenggorokan, hingga demam.

"Kebutuhannya secara seimbang, kurangi makanan berbahan pengawet, perasa dan pemanis buatan, karena untuk yang sensitif bisa sakit tenggorokan yang gejalanya mirip Covid-19, seperti batuk pilek dan kadang demam jika ada peradangan," ujar Dr Robert Soertandio, SpA, M.Si.Med di RS Pondok Indah.

Orangtua juga perlu meningkatkan semangat anak saat berpuasa di tengah pandemi Covid-19. Seperti memberikan menu bervariasi.

Dalam kesempatan yang sama, dia juga menegaskan harus menjaga protokol kesehatan.

"Pada bulan puasa tetap hal-hal lain perlu dilakukan seperti tetap menjaga protocol Kesehatan (5M, 3T) untuk membatasi virus masuk ke tubuh anak, istirahat yang cukup supaya daya tahan tubuh anak tetap optimal," jelas Dokter Robert.

 BACA JUGA:Sering Lapar saat Puasa, Coba Tips Dokter Ini

Dia juga mengingatkan agar para orangtua tidak melupakan jadwal istirahat anak-anaknya. Bila perlu juga melakukan imunisasi atau vaksinasi Covid-19 bila usia sudah mencukupi.

(DRM)