Share

Kasus Covid-19 Akibat Varian BA.2 Melonjak, Paling Banyak di Korsel

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 11:49 WIB
$detail['images_title']
Tenaga kesehatan memerangi pandemi Covid-19 (Foto: Reuters)

KASUS Covid-19 di dunia tengah mengalami lonjakan. Korea Selatan memimpin dalam jumlah rata-rata harian kasus baru, lebih dari 182.000 infeksi dalam sehari dan menyumbang satu dari setiap empat infeksi secara global.

Hal tersebut disebabkan oleh varian BA.2 (Siluman/Son Of Omicron) yang sangat menular. Oleh karena itu masyarakat tetap diminta jaga protokol kesehatan.

 varian BA.2

Melansir Reuters, Shanghai juga tengah memerangi wabah Covid-19 sejak virus pertama kali muncul di Wuhan pada akhir 2019, dengan hampir 25.000 kasus lokal baru dilaporkan.

Kini kebijakan karantina dikritik karena memisahkan anak-anak dari orangtua dan menempatkan kasus tanpa gejala di antara mereka yang memiliki gejala.

“Pencegahan dan pengendalian epidemi Shanghai berada pada tahap yang paling sulit dan paling kritis,” kata Wu Qianyu, dikutip Jumat (15/4/2022).

Diketahui beberapa negara Eropa sekarang juga mengalami peningkatan lebih lambat dalam kasus baru, atau bahkan penurunan. Namun, wilayah tersebut masih melaporkan lebih dari 1 juta kasus setiap dua hari.

 BACA JUGA: Varian XE Berpotensi Picu Kasus Covid-19 Baru, Kemenkes: Belum Masuk Indonesia

Sampai saat ini, para ilmuwan terus menekankan bahwa vaksin sangat penting untuk mengurangi dampak keparahan dari virus corona. Sekitar 64,8% populasi dunia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19, meskipun hanya 14,8% orang di negara berpenghasilan rendah yang telah menerima setidaknya satu dosis. Ini menurut angka dari Our World in Data.

(DRM)