Share

Tips Minum Air Putih dari Dokter agar Tubuh Tak Lemas saat Puasa

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 11:31 WIB
$detail['images_title']
Minum air putih (Foto: Pjimage)

MENJALANKAN ibadah puasa tentu ditunjang dengan berbagai asupan nutrisi agar tidak mudah lemas. Salah satunya air, mengonsumsi air minum di tengah puasa mampu menghindarkan seseorang dari dehidrasi.

Menurut dokter gizi jika asupan air minum dalam sehari-hari sama dengan kala berpuasa. Sekitar 8 gelas perhari, manfaatnya seseorang tidak mudah merasa haus hingga terhindar dari sakit lainnya

 minum air putih

"Kekurangan cairan juga dapat menyebabkan pusing, gangguan mood bahkan dalam jangka panjang bisa terjadi infeksi saluran kemih ataupun batu ginjal. Cukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas sehari atau sekitar 30-35 ml/kgbb/hari," ucap Ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid juga mengatakan, saat berpuasa seseorang harus tetap menjaga kesehatan. Dengan memperbanyak minum air putih sebanyak 8 gelas sehari dan asupan sehat lainnya.

"Tipsnya tetap jaga kesehatan, jalankan prokes, minum air putih 8 gelas sehari dan makanan gizi seimbang, perbanyak buah dan sayur," ujar dr Nadia.

Merangkum dari 'Panduan Gizi Seimbang pada Masa Pandemi Covid-19' dari laman resmi Kemenkes, dalam isi piring makanan sehari-hari sebaiknya terdiri dari beberapa unsur, seperti makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat (nasi jagung kentang atau umbi-umbian).

Kedua, lauk pauk sebagai sumber protein dan mineral, seperti daging, ikan, ayam, telur dan lauk nabatinya tahu tempe dan kacang-kacangan.

 BACA JUGA:5 Manfaat Buka Puasa Diawali dengan Minum Air Putih

Kemudian, sayuran dan buah yang menjadi sumber vitamin mineral dan serat. Memilih sayuran dan buah yang berwarna banyak mengandung vitamin. Berfungsi sebagai antioksidan yaitu vitamin A, C dan E.

(DRM)