Share

Ini Bahaya Kesehatan Mengonsumsi Gorengan saat Berbuka Puasa

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 14:32 WIB
$detail['images_title']
Makan gorengan saat buka puasa (Foto: My cooking lyfe)

BAHAYA kesehatan mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa harus Anda waspadai. Gorengan merupakan salah satu takjil yang wajib ada ketika berbuka puasa. Bagi sebagian orang, berbuka tanpa gorengan seperti ada yang kurang.

Gorengan memang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Meskipun demikian, gorengan memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari makanan ini ketika berbuka puasa.

 gorengan

Lantas, apa saja Bahaya Kesehatan Mengkonsumsi Gorengan saat Berbuka Puasa? Simak ulasanan berikut ini seperti dilansir dari Halodoc.

Kenaikan Berat Badan

Selain minuman manis, makanan gorengan juga dapat memicu terjadinya kenaikan berat badan. Pasalnya, makanan yang mengandung banyak minyak akan rentan diolah oleh pencernaan. Sehingga pada ujungnya gorengan akan menjadi timbunan lemak yang membandel. Tak hanya itu, gorengan juga memiliki kalori yang tinggi.

Efek Gatal pada Tenggorokan

Pernahkah anda batuk-batuk setelah buka puasa? Jika pernah, mungkin penyebabnya adalah karena anda mengkonsumsi gorengan terlalu banyak. Senyawa akrolein pada gorengan adalah penyebab tenggorokan menjadi gatal.

Asam Lambung Naik

Jika anda memiliki saluran pencernaan yang termasuk dalam golongan sensitif, memakan gorengan saat buka puasa dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan juga heartburn, yaitu adanya rasa panas atau sensasi terbakar pada area perut bagian atas. Selain itu, makan gorengan terlalu banyak juga dapat menyebabkan sembelit.

 BACA JUGA: Kolesterol Naik Akibat Kebanyakan Makan Gorengan, Kenali Gejalanya

Adanya Gangguan Pencernaan

Banyak ahli mengatakan jika makanan yang mengandung banyak minyak, termasuk gorengan, akan sulit dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, sebaiknya hindari gorengan saat berbuka puasa.

Karena, pada saat perut anda seharian kosong, lalu anda berbuka dengan gorengan, maka saluran pencernaan anda akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan itu. Hal ini tentu akan mengganggu kinerja saluran pencernaan dalam tubuh Anda.

(DRM)