Share

Ajarkan Si Kecil Cuci Tangan yang Benar Biar Cerdas, Yuk!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Ajarkan PHBS ke anak salah satunya cuci tangan pakai sabun (Foto: Sheknows)

ANAK yang bersih dan sehat adalah harapan semua orangtua. Tapi, hal tersebut tidak datang tiba-tiba, Anda sebagai orangtua harus mengajarkan si kecil pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Salah satu kebiasaan PHBS yang harus diajarkan sejak kecil adalah cuci tangan. Bukan hanya memastikan tangan si kecil bersih dan mencegah dia terpapar penyakit karena tangan kotor, cuci tangan juga ternyata bikin anak cerdas.

Cuci Tangan

Ya, diterangkan Dokter Spesialis Anak dr Mesty Ariotedjo, Sp.A, anak yang sejak kecil diajarkan cuci tangan ternyata perkembangan dirinya terasah dan ini yang membuatnya lebih cerdas daripada anak yang tidak diajarkan cuci tangan.

"Studi menunjukkan bahwa anak yang diajarkan cuci tangan sebelum usia 9 bulan memiliki kecerdasan yang lebih baik pada segala aspek dibandingkan anak yang tidak diajarkan cuci tangan," terang dr Mesty di Webinar Biodef 'Persiapan Keluarga untuk Transisi Masa Pandemi ke Endemi', Selasa (12/4/2022).

BACA JUGA : 3 Tips Memilih Sabun Cuci Tangan, Jangan Asal Beli!

Peneliti juga menemukan bahwa anak yang sebelum usia 9 bulan sudah diajarkan cuci tangan kejadian diarenya lebih rendah 50 persen dibandingkan anak yang tidak diajarkan cuci tangan dalam usia 2,5 tahun pertama kehidupan.

BACA JUGA : Cegah Diare dengan Cuci Tangan Pakai Sabun Yuk!

Orangtua harus tahu, kata dr Mesty, bahwa cuci tangan bukan hanya aktivitas simple, tapi itu bagian dari tindakan menstimulasi si kecil. Ini terjadi ketika si kecil belajar menggosok tangan dengan sabun di bawah air mengalir, lalu menghafal urutan cuci tangan yang baik dan benar, pun saat tangan si kecil menyentuh air.

"Jadi, dari kebiasaan cuci tangan yang sudah diajarkan sedari kecil, anak itu memiliki kemampuan kognitif dan sensorik yang lebih baik," ungkap dr Mesty.

Follow Berita Okezone di Google News

Menjadi penting untuk diperhatikan sekarang adalah pemilihan sabun yang cocok untuk si kecil. Dokter Mesty menyarankan agar para orangtua memang menyediakan sabun cuci tangan khusus yang terbukti aman dan punya khasiat baik.

"Pilih sabun yang memang baik untuk skin barrier anak, tidak bikin kulitnya kering, dan di masa pandemi seperti sekarang perhatikan juga khasiat lain seperti apakah sabun itu bisa membunuh kuman, virus, bakteri yang menyebabkan penyakit," tambahnya.

Sebab, ketika si kecil cuci tangan tapi kuman, bakteri, dan virus yang di tangannya tidak mati, itu tetap bisa menularkan penyakit ke si kecil. Salah satu penyakit yang perlu dikhawatirkan adalah diare.

"Kalau si kecil sudah diare, gizinya bisa berkurang. Kalau gizinya kurang, si anak berpotensi stunting dan ini bisa memengaruhi kecerdasan otak pada akhirnya," ungkap dr Mesty.

"Jadi, penting sekali bagi para orangtua mengajarkan anak sejak kecil cuci tangan yang benar dan dengan sabun yang tepat. Sebab, cuci tangan berpengaruh pada kecerdasannya," tambahnya.

1
2