Share

Solusi yang Bantu Penderita Diabetes Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 12 April 2022 19:06 WIB
$detail['images_title']
Promo eMSHOP (Foto: eMSHOP)

IBADAH puasa wajib dijalankan umat muslim selama Ramadhan. Hal ini berbeda perlakuan bagi penderita diabetes. Para ahli kesehatan mengatakan, berpuasa selama Ramadhan bagi penderita diabetes harus dilakukan di bawah pengawasan ahli medis.

"Berpuasa selama Ramadan mensyaratkan seseorang makan dua kali sehari dengan senjang waktu yang panjang antara kedua waktu itu. Memodifikasi pola konsumsi menyebabkan metabolisme tubuh berubah dan penderita diabetes harus menyesuaikan rencana pengobatan mereka berdasarkan hal itu," ujar dr. Shehla Shaikh dari Pusat Endokrinologi dan Diabetes KGN Mumbai, seperti dilansir oleh Okezone, Jumat, 8/04/2022.

Menurut dr. Shehla, penderita diabetes harus menjauh atas konsumsi makanan olahan dan berlemak tinggi saat berbuka puasa.

Kemudian, menurut dr. K.D. Modi, ahli endokrinologi dari Rumas Sakit Medwin di Hyderabad mengatakan, jika ada tanda hipoglikemia atau kekurangan glukosa dalam aliran darah, maka penderita diabetes harus menghentikan puasanya.

Untuk menghindari komplikasi selama puasa, dr. K.D. Modi menyarankan penderita diabetes melakukan diet karbohidrat dan berhenti berpuasa begitu ada tanda-tanda hipoglikemia muncul.

Tanda-tanda ini di antaranya, pusing, berkeringat dingin, gelisah, sulit bicara hingga tak sadarkan diri.

"Penderita diabetes disarankan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat yang tinggi kalori," ucap Dr. K.D. Modi.

Promo eMSHOP

Menanggapi hal ini, Head of Merchandiser eMSHOP, Khilqa Putri menyarankan bagi penderita diabetes agar tak perlu khawatir mengonsumsi karbohidrat, apalagi karbohidrat yang terkandung pada nasi. Kandungan gula pada nasi memang lebih tinggi dibanding yang terkandung pada jenis karbohiudrat seperti kentang, ubi, dan gandum.

Ada cara mudah untuk mengurangi kadar gula pada nasi sehingga aman bagi penderita diabetes yaitu, memasak nasi menggunakan Lock N Lock Low Carbo Rice Cooker.

Lock N Lock Low Carbo Rice Cooker menawarkan cara sehat dalam memasak nasi. Melalui sistem pembuangan air tajin, terbukti melalui uji bahwa kadar karbohidrat bisa berkurang hingga 50%. Produk ini sangat cocok digunakan pada penderita pradiabetes, diabetes dan orang yang sedang menjalankan diet yaitu menurunkan kadar karbohidrat dan gula saat mengkonsumsi nasi.

Lock N Lock Low Carbo Rice Cooker dapat menanak nasi secara alami menurunkan kadar Glikemik. Glikemik yang tinggi pada tubuh bisa memperparah diabetes. Oleh karena itu sangat disarankan oleh Ahli Gizi untuk makan karbohidrat rendah Glikemik untuk kesehatan yang lebih baik.

"Lock N Lock Low Carbo Rice Cooker sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes apalagi saat sedang berpuasa. Rice cooker ini mampu menurunkan kadar glikemik dam kadar gula pada nasi hingga 50%. Glikemik yang tinggi pada tubuh dapat memperparah diabetes, sehingga cocok bagi penderita diabetes menggunakan rice cooker ini untuk menanak nasi. " ucap Khilqa, MSHOP, Senin (11/04/2022).

(hel)