Share

Dokter Reisa Ungkap Syarat Masuk Indonesia bagi PPLN

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 12 April 2022 12:45 WIB
$detail['images_title']
PPLN tiba di bandara (Foto: Shutterstock)

JURU Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengungkapkan sejumlah aturan baru bagi warga negara Indonesia atau pun luar negeri yang masuk ke Indonesia. Hal tersebut sesuai aturan terkait pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Dokter Reisa mengatakan, bagi PPLN yang memiliki suhu badan di atas 37,5 derajat Celcius wajib melakukan tes Covid-19 PCR ulang. Di mana bagi WNI ditanggung oleh pemerintah, sedangkan wisatawan asing dibayar secara mandiri.

 Dokter Reisa

"Secara berkala terus melakukan monitoring dan evaluasi kebijakan dengan kondisi saat ini, di tanggal 5 April 2022 ada pembaruan terkait syarat masuk Indonesia bagi PPLN," ujar dr Reisa.

Sedangkan bagi PPLN yang tidak bergejala Covid-19 dan belum melengkapi vaksinasi dosis lengkap. PPLN wajib melakukan karantina selama 5 hari atau 5x24 jam.

Namun, sebaliknya bila sudah vaksinasi dosis 2 ataupun booster dengan jarak minimal 14 hari sebelum keberangkatan, dipersilahkan lanjutkan perjalanan tanpa karantina.

Lebih lanjut, bagi PPLN yang usianya dibawah 18 tahun diberikan perlindungan khusus maka pendampingnya wajib melakukan karantina.

"Sudah vaksin dosis 2 atau pun booster dengan jarak minimal 14 hari sebelum melakukan perjalanan, dipersilahkan melanjutkan perjalanan tanpa karantina. Sedangkan PPLN usia dibawah 18 tahun atau perlindungan khusus dilakukan karantina bagi orang tua atau pengasuh pendamping perjalannya," tambahnya.

 BACA JUGA: Singgung Varian XE, Dokter Reisa Ingatkan Segera Vaksin Booster!

Sementara masyarakat yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid diwajibkan membawa surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah. Keterangan yang menjelaskan bahwa si orang tersebut tidak bisa melakukan vaksinasi Covid-19.

(DRM)