Share

Podcast Aksi Nyata Perindo: Medsos Bisa Picu Stres, Begini Cara Atasinya

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 10 April 2022 21:21 WIB
$detail['images_title']
Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube Partai Perindo)

DI dunia serba digital, media sosial adalah suatu yang umum digunakan oleh banyak orang. Melalui media sosial ini, Anda bisa saling terhubung dengan teman dan kerabat, membangun jejaring baru, serta bersosialisasi.

Namun di luar manfaat utamanya, media sosial bisa memberi dampak negatif, lho! Misalnya, menjadi pemicu seseorang mengalami stres karena adanya budaya flexing atau pamer.

Podcast Aksi Nyata Perindo

Sekjen Kartini Perindo, Eva Mutia turut membahas persoalan tersebut dalam Podcast Aksi Nyata Perindo #DariKamuUntukIndonesia, Minggu (10/4/2022). Dia menjelaskan, betapa pentingnya penggunaan media sosial yang bijak untuk menghindari diri dari stres.

“Menurut saya, peran media sosial juga punya andil untuk membuat orang stres,” kata Eva Mutia seperti dikutip dari YouTube Partai Perindo, Minggu.

BACA JUGA : Podcast Aksi Nyata Perindo: Begini 3 Cara Self Healing untuk Usir Stres

Contohnya, melihat pencapaian-pencapaian orang lain yang membuat diri merasa kecil atau tidak mampu. Atau melihat sesuatu postingan yang membuat kesal, tidak suka, maupun cemas dan khawatir.

BACA JUGA : Mengenal Self Healing, Tren Hilangkan Stres di Kalangan Anak Muda Zaman Now

Namun, hal itu bisa diantisipasi oleh diri sendiri. Sebab media sosial bisa dikontrol oleh pengguna. Jadi, alih-alih dikontrol, lebih baik mengontrol media sosial.

“Itu balik lagi ke diri sendiri. Kalau misalnya kontennya buat kita merasa tak nyaman, enggak usah difollow. Kalau menurut saya, kita jangan terlalu terpancing sama media sosial,” ujarnya.

(hel)