Share

Apa Itu Ombrophobia yang Diderita Kang Tae Moo dalam Drakor Business Proposal?

Tika Vidya Utami, Jurnalis · Sabtu 09 April 2022 10:14 WIB
$detail['images_title']
Mengenal ombrophobia yang dialami Kang Tae Moo dalam drama Korea Business Proposal. (Foto: Instagram @businessproposal_2022)

DRAMA Korea 'Business Proposal' menceritakan seorang pekerja kantor bernama Shin Ha Ri yang diperankan aktor ganteng Kim Sejeong. Dikisahkan, Shin Ha Ri menjalani kencan buta hingga akhirnya menjalin asmara dengan CEO perusahaannya yaitu Kang Tae Moo yang diperankan Ahn Hyo Seop.

Dalam drama populer ini, Kang Tae Moo mengalami ombrophobia. Lantas, apa itu ombrophobia?

Baca juga: 5 Manfaat Biji Asam Jawa, Redakan Sakit Tenggorokan dan Batuk Membandel! 

Ombrophobia merupakan ketakutan atau fobia terhadap langit mendung, gerimis, hingga hujan. Beberapa orang menyukai suasana ketika hujan, namun bagi penderita ombrophobia, hal ini akan membuatnya merasa gelisah, ketakutan, hingga terancam yang tidak rasional akibat hujan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa dapat mengalami ketakutan ini.

Terdapat beberapa penyebab seseorang mengalami ombrophobia. Penyebab pertama adalah genetik, beberapa orang mempunyai riwayat keluarga gangguan kecemasan dan ketakutan tertentu.

Baca juga: Sejarah Rendang Jadi Makanan Favorit Dunia, Yuk Disimak! 

Kedua, kejadian traumatis karena hujan. Seperti fobia atau ketakutan lainnya, ombrophobia ini sering kali disebabkan kejadian traumatis masa lalu yang berkaitan dengan hujan. Hal ini yang kemudian menjadi ketakutan yang berlebihan.

Misalnya, kehilangan orangtua yang mengalami kecelakaan ketika hujan melanda. Peristiwa menyedihkan tersebut dapat memicu ombrophobia. Rasa takut tidak hanya terjadi ketika hujan, namun ketika mulai muncul awan gelap hingga petir, seorang yang mengidap ombrophobia pun mengalami ketakutan.

Keterlibatan orang-orang yang berada di sekitarnya dapat membantu penderita mengatasi ketakutan ini secara perlahan. Namun apabila ketakutan tersebut dianggap sudah mengganggu, maka perlu berkonsultasi ke dokter.

Dokter akan memberikan tindakan berupa terapi perilaku kognitif, terapi pemaparan, hipnoterapi. Selain itu, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk mengurangi keparahan ketakutan ini.

Baca juga: Yuk Kenali Coronaphobia, Gejala dan Cara Mengatasinya 

1
2