Share

5 Manfaat Biji Asam Jawa, Redakan Sakit Tenggorokan dan Batuk Membandel!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Sabtu 09 April 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Asam jawa (Foto: Timesofindia)

BIJI asam jawa ternyata menawarkan segudang manfaat serta tinggi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ini lantaran biji asam jawa mengandung nutrisi seperti penting seperti fosfor, magnesium, kalium, kalsium, asam amino, dan vitamin. Sehingga memiliki berbagai khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan.

Lalu apa saja manfaat biji asam jawa? Berikut 5 manfaat biji asam jawa seperti dilansir dari Stylecraze, Sabtu (9/4/2022):

1. Redakan nyeri sendi

Asam Jawa

Sifat anti-inflamasi biji asam jawa dapat meredakan nyeri sendi, terutama pada orang yang menderita radang sendi. Konsumsi satu sampai dua sendok teh bubuk biji asam jawa dua kali sehari dengan air untuk meningkatkan pelumasan sendi yang meredakan rasa sakit.

BACA JUGA : Kontrol Diabetes dan Cegah Malaria, Ini Deretan Manfaat Asam Jawa

2. Menghilangkan plak gigi

Manfaat lain dari biji asam jawa dapat membantu untuk memperkuat gigi dan menghilangkan plak. Tak heran, manfaat ini bisa dirasakan bagi orang yang perokok berat yang menyebabkan oleh kurangnya kebersihan gigi dan mulut.

Tak hanya itu, biji asam jawa dapat membersihkan nikotin yang menempel pada gigi Anda. Konsumsi biji asam jawa yang digoreng atau dipanggang, tumbuk sampai halus dan gosok gigi dengan sikat gigi.

3. Redakan gangguan pencernaan

Biji asam jawa adalah obat alami untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan meningkatkan produksi empedu. Serat makanannya yang kaya juga berguna untuk mengobati stomatitis dan meredakan sembelit.

4. Atasi batuk, amandel dan infeksi tenggorokan

Jus biji asam jawa bisa menjadi obat kumur yang baik. Berkumurlah dengan ini untuk meredakan sakit tenggorokan. Anda dapat mencampurnya dengan beberapa jahe dan kayu manis untuk mengobati amandel, faringitis, pilek, batuk, dan infeksi tenggorokan lainnya.

5. Meningkatkan elastisitas kulit

Ekstrak biji asam jawa bermanfaat untuk perawatan kulit. Biji asam jawa dapat meningkatkan elastisitas kulit , memberikan hidrasi dan kehalusan.

Ini karena biji asam jawa mengandung asam hialuronat yang membantu dalam pelembab kulit dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan.

Biji asam jawa larut dalam air, oleh karena itu digunakan untuk serum, gel, toner wajah, pelembab dan masker. Ini juga bertindak sebagai formula anti-penuaan.

1
2