Share

Tumor Payudara Robby Purba Muncul Lagi Usai Diangkat 3 Bulan Lalu, Kok Bisa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 14:56 WIB
$detail['images_title']
Robby menderita tumor payudara (Foto: inst)

TUMOR payudara Robby Purba muncul lagi, padahal 3 bulan lalu operasi pengangkatan sudah dilakukan. Kabar ini disampaikan Robby melalui unggahan Instagram, Kamis (7/4/2022).

"Setelah 3 bulan, pascaoperasi di malam tahun baru, 'titipan Allah' ini bisa aktif lagi. Ya, apa yang enggak bisa, ya kan. Makin aktif, ya, bun, wkwkwk," tulis Robby di unggahan yang sudah mendapat 6 ribu lebih likes dari sahabat dan netizen.

 tumor

Robby menjelaskan juga di sana bahwa dia menerima semua itu dengan ikhlas. Upaya maksimal tentu akan dilakukan, terlebih dia dikelilingi tim dan dokter yang sangat mendukung dan menguatkan.

"Abang beruntung dikelilingi tim dan dokter yang sangat supportive dan menguatkan. Lanjutkan perjuangan! Mohon doanya, ya, teman-temanku," kata Robby.

Pria kelahiran 25 Juli 1986 tersebut pun menganggap kembalinya tumor payudaranya itu adalah hadiah di bulan suci. Menurut Robby, itu bisa jadi pelebur dosanya.

"Terima kasih, ya, Rabb, hadiah di bulan suci. Pelebur dosa-dosa di hari fitri. Kalau kata band NOAH, 'Dan terjadi lagi...' Meskipun harus operasi lagi dan lagi," ungkap Robby.

Di sisi lain, masyarakat perlu tahu bahwa tumor payudara memang punya potensi muncul lagi meski sudah dilakukan pengangkatan melalui tindakan operasi sebelumnya.

Laman dr Susan Love Research, diterangkan bahwa pada kebanyakan kasus, tumor yang muncul lagi itu adalah sel tumor mikroskopis yang mungkin tidak terlihat sebelum diagnosis. Jadi, tumornya bersembunyi.

Nah, kemudian berjalannya waktu sel yang bersembunyi itu bangun dan mulai aktif kembali. Ada beberapa kemungkinan sel tumor itu bisa bangun.

"Salah satunya, efek mutasi dari si sel tumor itu sendiri yang membuat mereka yang awalnya tidur karena pengobatan hormonal, lalu bangun dan terdeteksi dalam pemeriksaan mendalam," terang laporan tersebut.

Laman WebMD menerangkan juga soal penyebab kekambuhan tumor payudara ini. Dijelaskan di sana, secara sederhana bahwa pengobatan yang Anda lakukan sebelumnya tidak menghancurkan semua tumor atau sel kanker di tubuh Anda.

"Itu bukan artinya juga Anda mendapat penanganan yang salah. Sel-sel kanker itu rumit dan beberapa dapat bertahan dari terapi agresif sekalipun," tegas WebMD.

Ada beberapa jenis kekambuhan tumor payudara, salah satu yang cukup banyak kasusnya adalah kasus kambuh lokal setelah mastektomi. Jadi, ini adalah jenis kekambuhan yang muncul di bawah kulit di dekat bekas luka.

 BACA JUGA:Cibir Tumor Payudara Robby Purba, Binaragawan Agung Minta Maaf

"Setelah operasi sebelumnya, tumor muncul lagi di garis jahitan. Secara penampakan fisik, tumor terlihat halus sehingga kerap kali samar terlihat seperti jahitan itu sendiri," terang laporan tersebut.

(DRM)