Share

Cara Mudah Menghilangkan Biduran di Wajah

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 16:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Biduran di Wajah. (Foto: Shutterstock)

ADA cara menghilangkan biduran di wajah. Biduran atau istilah medisnya urtikaria merupakan reaksi dari kulit yang menyebabkan timbulnya ruam berupa bilur berwarna merah atau keputihan dan terasa gatal.

Biduran dapat mengenai semua bagian tubuh, terutama pada wajah. Untuk mengobatinya, perlu diketahui penyebabnya, dan penyebab tersering dari biduran adalah Alergi.

Jika gejala biduran di wajah ringan, Anda mungkin tidak memerlukan perawatan khusus. Sebagian besar kasus urtikaria bisa sembuh sendiri. Namun demikian, obat dan perawatan rumah bisa memberi kelegaan dari rasa gatal yang hebat, ketidaknyamanan ataupun gejala serius yang menetap.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan biduran di wajah? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan cara menghilangkan biduran di wajah

Jika Anda mengalami biduran ringan, maka perubahan gaya hidup dan perawatan di rumah dapat membantu meringankan gejala. Nah, berikut perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah untuk menghidari pemicu dari biduran.

Biduran di Wajah

Cari sumbernya

Ini bisa termasuk makanan, obat-obatan, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, sengatan lateks dan serangga.

Gunakan obat anti-gatal non-resep

Antihistamin oral tanpa resep, seperti loratadine, CTM, cetirizine atau diphenhydramine, dapat membantu mengurangi rasa gatal.

Oleskan kompres dingin dan basah

Kompres daerah wajah yang mengalami biduran atau pembengkakan. Cara ini akan menenangkan kulit dan mencegah garukan.

Mandi dengan nyaman

Untuk meringankan rasa gatal, taburi air mandi dengan baking soda, oatmeal mentah atau oatmeal koloid, lalu mandilah dengan santai.

Pakailah pakaian katun dengan tekstur halus

Hindari memakai busana yang kasar, kencang, atau terbuat dari wol. Cara ini akan membantu menghindari iritasi kulit.

Jika cara di atas belum cukup meringankan gejala biduran Anda, maka diperlukan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Obat biduran dan pembengkakan wajah:

Obat anti gatal

Pengobatan standar untuk biduran dan angioedema adalah antihistamin, obat ini bertugas untuk mengurangi gatal, pembengkakan dan gejala alergi lainnya.

Obat anti-inflamasi

Diperlukan pada kasus urtikaria yang cukup membandel. Dokter mungkin meresepkan obat kortikosteroid oral, seperti prednison untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan dan gatal.

Obat penekan sistem kekebalan tubuh

Jika antihistamin dan kortikosteroid tidak efektif, bisa jadi dokter akan meresepkan obat yang mampu menekan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif.

Obat anti nyeri dan bengkak

Urtikaria kronis dapat diobati dengan jenis obat nonsteroidal anti inflamasi yang disebut antagonis leukotrien.

Demikian cara mudah menghilangkan biduran di wajah yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

1
2