Share

Bawang Putih Jadi Obat Biduran, Begini Cara-caranya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 15:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Bawang Putih. (Foto: Shutterstock)

BAWANG putih bisa jadi obat biduran yang cukup ampuh dan mudah didapatkan. Biduran atau disebut sebagai urtikaria merupakan reaksi yang terjadi pada kulit dengan munculnya ruam yang berwarna kemerahan, permukaan meninggi, dan muncul gatal.

Sebenarnya penyakit biduran ini umum terjadi dan dapat dialami oleh siapapun. Terkadang, biduran bisa muncul secara tiba-tiba sehingga banyak orang yang tidak mengetahui pasti apa saja yang bisa menjadi faktor pemicunya.

Untuk mengurangi rasa gatal dan ruam, umumnya area biduran akan diolesi lotion atau dikompres air dingin, bahkan ada yang hingga mengkonsumsi obat bagi biduran yang parah. Namun, ternyata biduran dapat diatasi hanya dengan bawang putih, lho.

Lantas, bagaimana cara penggunaan bawang putih untuk biduran? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Cara pertama adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin. Hal itu mampu membuat sistem imunitas membaik dalam melawan zat alergen. Namun sebelumnya, pastikan dulu Anda tidak alergi dan juga memiliki keberanian untuk mengunyahnya. Sebab, mengingat aroma bawang putih yang sangat kuat, tidak banyak orang yang berani mengkonsumsinya secara langsung.

Anak Biduran

Selain aroma yang kuat, ketika mengunyah bawang putih akan ada sensasi hangat sampai panas yang terasa di mulut lidah dan tenggorokan saat kamu telan. Dan bagi sebagian orang akan mendapatkan efek yang bisa dirasakan ketika mengkonsumsi bawang putih.

Kedua, adalah menempelkan Irisan Bawang Putih untuk Obat Biduran. Alternatif cara ini mungkin sedikit lebih merepotkan dari mengkonsumsi bawang putih secara langsung. Namun, cukup efektif untuk yang tidak memiliki keberanian untuk merasakan sensasi makan bawang putih.

Karena treatment ini hanya perlu menempelkan irisan bawang putih saja pada bagian kulit yang terkena biduran. Cara menggunakannya sebagai berikut:

- Siapkan 1 atau 2 siung bawang putih (sesuai kebutuhan) dan perban

- Iris tipis bawang putih

- Tempelkan pada area yang terkena biduran

- Bungkus dengan menggunakan perban agar merapatkan dan menjaga sehingga tidak tercecer jatuh kemana-mana

- Diamkan saja selama 1 jam

- Kemudian cuci bersih menggunakan air dingin

- Lakukan langkah di atas secara rutin hingga kondisi biduran membaik dan sembuh

Oleskan Ekstrak Bawang Putih untuk Mengatasi Biduran

Cara ini hampir sama dengan treatment sebelumnya, yang berbeda adalah treatment ini dilakukan dengan mengoleskan ekstrak bawang putih pada kulit yang biduran.

Pada implementasinya, treatment ini lebih mudah, karena tidak perlu mengikatkan perban setelah pengalikasian ekstrak dari bawang putih. Hanya saja, Anda perlu menghancurkan terlebih dahulu bawang putihnya untuk mendapatkan ekstraknya.

Cara menggunakannya sebagai berikut:

- Siapkan 2 siung bawang putih, kupas dan cuci terlebih dahulu

- Hancurkan sampai menjadi pasta, caranya bisa kamu ulek, tumbuk, atau bisa juga diblender

- Dengan bantuan kapas, oleskan ekstrak bawang putih pada kulit yang terasa gatal karena biduran

- Biarkan selama 10 hingga 15 menit

- Kemudian bilas dengan air

Demikian cara mudah yang bisa dilakukan di rumah. Bila dengan cara herbal tak kunjung reda dan sembuh, segera periksa ke dokter untuk penanganan yang tepat.

1
2