Share

Begini Cara Mengatasi Biduran Pada Anak

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 14:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Anak Biduran. (Foto: Shutterstock)

ADA cara mengatasi biduran pada anak. Biduran atau urtikaria umum dialami oleh anak-anak maupun bayi. Umumnya, anak-anak yang mengalami biduran akan mengalami timbul ruam merah di kulit dan terasa gatal.

Biduran sendiri adalah kondisi yang terjadi akibat reaksi alergen (zat penyebab alergi) tertentu pada tubuh. Adapun penyebab lainnya, seperti gigitan serangga, pakaian yang ketat dan lainnya.

Maka dari itu, para orang tua tak perlu terlalu khawatir karena biduran dapat ditangani dengan mudah. Lantas, bagaimana cara mengatasi biduran pada anak? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Perlu diingat, perawatan akan tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan umum anak. Ini juga akan tergantung pada seberapa parah kondisinya. Pada dasarnya, biduran yang tidak parah bisa hilang dengan sendirinya. Untuk mengurangi efek dari ruam yang terjadi, seperti rasa gatal yang sangat menyiksa, biduran dapat ditangani di rumah.

Anak Biduran

Beberapa hal bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa gatal tersebut, antara lain:

- Kompres bagian yang kulit yang gatal dengan air dingin

- Berendam di bak mandi yang berisi air hangat (tidak panas dan tidak dingin) selama kurang lebih 1 menit. Bila perlu tambahkan oatmeal ke dalam air untuk mengurangi rasa gatal

- Gunakan pelembab pada kulit anak setelah mandi

- Ganti baju anak Anda dengan yang longgar

- Sesuaikan suhu di rumah Anda, tidak terlalu dingin dan tidak panas. Pada beberapa kasus biduran, suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa memperparah rasa gatal

Namun, jika dirasa telah satu minggu tak kunjung sembuh, maka segera periksakan ke dokter. Umumnya, para dokter akan meresepkan:

- Antihistamin, seperti diphenhydramine atau hydroxyzine

- Antihistamin lain yang tidak akan membuat anak Anda mengantuk, seperti cetirizine atau loratadine

Jika anak Anda mengalami kesulitan bernapas, dokter mungkin menggunakan suntikan epinefrin. Ini membantu mengurangi pembengkakan dan gatal. Dokter mungkin menunjukkan cara menggunakan kit darurat yang memiliki epinefrin. Ini dapat disimpan di dekat anak Anda jika terjadi biduran secara tiba-tiba.

(mrt)