Share

Mampukah Vaksin Covid-19 Melawan Varian XE?

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 11:11 WIB
$detail['images_title']
Varian XE diprediksi akan tiba di Malaysia (Foto: Money control)

SAAT ini varian XE, varian terbaru diprediksi akan tiba di negara tetanga Malaysia. Sebelumnya, varian XE sudah tiba di Thailand.

Hal yang menjadi pertanyaan, apakah varian baru tersebut mampu dilawan dengan vaksinasi Covid-19?

 varian XE

Secara umum, semua vaksin Covid-19 membantu mengurangi keparahan infeksi dan mencegah rawat inap dan kematian. Seharusnya hal ini juga berlaku bagi varin XE.

“Sejauh ini, tidak ada cukup bukti untuk menarik kesimpulan tentang penularan, tingkat keparahan, atau efektivitas vaksin,” ujar Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis Inggris, dilansir Gulf News, Jumat (8/4/2022).

Direktur Institut Tata Genetika dan Masyarakat di India, Rakesh Mishra mengatakan, varian XE muncul untuk pertama kalinya pada pertengahan Januari.

"Namun kita tak perlu menekan 'tombol panik'. Sejauh ini, hanya 600 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia. Tapi kita harus terus mengawasinya,” ujar Mishra.

 BACA JUGA:Varian XE Diprediksi Bisa Tiba Lebih Cepat

Sementara itu Hopkins menambahkan, seperti jenis varian lainnya, sebagian varian akan mati dengan cepat. Rekombinan khusus ini, varian XE, telah menunjukkan tingkat pertumbuhan yang bervariasi. "Namun kami belum mengonfirmasi apakah varian XE benar-benar tumbuh dan berkembang."

(DRM)