Share

7 Pertolongan Pertama Pada Anak Biduran

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 12:34 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Anak Biduran. (Foto: Shutterstock)

ADA 7 Pertolongan pertama pada anak biduran yang akan dibahas kali ini. Biduran atau kerap disebut urtikaria memang satu kondisi yang sangat mengganggu. Umumnya, para penderita biduran akan menemukan bentol kemerahan pada kulit yang disertai dengan rasa gatal.

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak dan bayi yang merasakan biduran akan terus menangis dan menggaruk area biduran karena rasa kurang nyaman yang dialami. Hal ini kerap kali membuat para orang tua khawatir dan bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ketahuilah pertolongan pertama pada anak biduran dengan tepat dan cara mencegahnya agar tak kembali terjadi.

Perlu diketahui bahwa biduran (urtikaria) adalah tanda reaksi alergi tubuh akan alergen (pemicu alergi) tertentu. Penyebab biduran pada anak dapat disebabkan oleh mengkonsumsi makanan atau obat tertentu, terkena tumbuhan atau zat tertentu, tersengat atau gigitan serangga, kepanasan, gerah, atau kedinginan.

Gangguan kulit ini juga mungkin muncul saat anak sakit, seperti ketika pilek atau diare. Gejala biduran pada anak tentu bisa sangat mengganggu. Mengatasi biduran dengan akurat akan membantu Anda untuk mengurangi gejala yang mengganggu kenyamanan si kecil. Berikut ini pertolongan pertama yang bisa diberikan kepada anak saat mengalami biduran.

Kompres dingin

Pertolongan pertama pada anak biduran adalah meringankan rasa gatal yang muncul. Anda dapat meletakkan kompres dingin untuk membantu meringankan gatal akibat biduran pada anak. Cara mengobati biduran pada anak ini dapat dilakukan dengan merendam kain atau handuk pada baskom berisi air, kemudian peras dan letakkan di area yang terkena biduran.

Selain itu, pakaikan anak baju yang longgar dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Hal ini dapat membantunya merasa lebih sejuk. Perlu diingat, jika anak biduran karena udara dingin jangan sekali-kali kompres dengan air dingin.

Anak Biduran

Cegah anak menggaruk area biduran

Biduran bisa menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Usahakan supaya anak Anda tidak menggaruk area biduran meski ia merasa gatal. Menggaruk hanya akan membuat kondisi ini memburuk. Anda mungkin bisa memasangkan sarung tangan berbahan lembut pada kedua tangan anak guna mencegahnya menggaruk area biduran.

Menggunakan sabun untuk kulit sensitif

Cara mengatasi biduran pada anak dapat dilakukan dengan menggunakan sabun untuk kulit sensitif. Sabun tersebut umumnya tidak mengandung bahan yang bisa mengiritasi kulit. Sementara itu, sabun biasa dikhawatirkan dapat membuat biduran anak semakin parah.

Oleskan lotion khusus

Pertolongan pertama pada anak biduran juga bisa dilakukan dengan menggunakan lotion khusus. Cara menghilangkan biduran pada anak ini juga cenderung mudah.

Anda hanya perlu mengoleskan lotion calamine pada area biduran dan biarkan hingga kering. Lotion tersebut dapat membantu meredakan gatal akibat biduran.

Hindari paparan sinar matahari

Hawa yang panas bisa memperburuk rasa gatal akibat biduran. Supaya hal tersebut tidak terjadi, hindarkan anak dari paparan sinar matahari. Pastikan anak tidak duduk di bawah sinar matahari langsung.

Jauhkan anak dari alergen

Alergen adalah zat penyebab alergi. Dalam hal ini, biduran merupakan reaksi alergi yang muncul. Berikut contohnya:

- Bila anak Anda biduran karena berada di suhu panas, segera bawa ia ke tempat yang lebih sejuk saat biduran mulai muncul

- Untuk anak yang mengalami biduran karena gerah akibat pakaiannya yang terlalu ketat, longgarkanlah atau gantilah pakaiannya

Jika anak tersengat serangga atau terkena tumbuhan tertentu yang menyebabkan biduran secara tiba-tiba, Anda bisa langsung membasuh area tersebut dengan sabun dan air bersih, lalu segera bawa ke rumah sakit.

Singkatnya, apabila anak Anda terpapar zat atau bahan kimia tertentu kemudian mengalami biduran, segeralah jauhkan alergen tersebut sebagai pertolongan pertama pada anak biduran. Usahakan untuk menjaga area biduran agar terpapar udara sebanyak mungkin. Jangan biarkan area ini dalam kondisi lembab dan tertutup.

Konsumsi antihistamin

Obat antihistamin juga dapat menjadi langkah pertolongan pertama pada anak biduran. Namun jangan asal memberikan obat ini, konsultasikan pada dokter anak terlebih dulu. Dengan begitu, dosis yang diberikan akan sesuai dengan usia dan berat badan anak, serta tingkat keparahan biduran yang terjadi.

Demikian 7 pertolongan pertama yang bisa diberikan kepada anak yang mengalami biduran. Semoga bermanfaat!

Obat antihistamin juga dapat menjadi langkah pertolongan pertama pada anak biduran. Namun jangan asal memberikan obat ini, konsultasikan pada dokter anak terlebih dulu. Dengan begitu, dosis yang diberikan akan sesuai dengan usia dan berat badan anak, serta tingkat keparahan biduran yang terjadi.

Demikian 7 pertolongan pertama yang bisa diberikan kepada anak yang mengalami biduran. Semoga bermanfaat!

1
2