Share

Varian XE Diprediksi Akan Tiba di Malaysia, Masyarakat Diminta Tetap Pakai Masker

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 07 April 2022 12:13 WIB
$detail['images_title']
Varian XE diprediksi akan tiba di Malaysia (Foto:1News)

VARIAN XE selain sudah memasuki negara tetangga Thailand, sebentar lagi juga diprediksi akan masuk ke Malaysia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia harus tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan.

"Varian XE ini bisa tiba di Malaysia dalam waktu 1 atau 2 bulan dan menimbulkan bahaya," kata Ahli Epidemiologi Medis Universiti Putra Malaysia Associate Professor Malina Osman, dikutip dari The Straits Times, Kamis (7/4/2022).

Menurut Prof Malina, sampai saat ini belum ada indikasi bahwa varian XE akan mengancam nyawa seperti varian Delta. Namun varian XE ini sangat mudah menyebar sehingga tetap perlu diwaspadai.

 Vaksin Covid-19 melindungi dari varian XE

"Risiko varian XE ini cukup besar bagi mereka yang belum divaksin atau tidak pernah terinfeksi Covid-19 sebelumnya," kata Prof Malina.

Sementara itu, sebuah laporan UKHSA mengatakan,"Varian XE menunjukkan bukti penularan komunitas di Inggris, meskipun saat ini kurang dari satu persen dari total kasus berurutan."

Varian XE juga memiliki tingkat pertumbuhan 9,8 persen di atas BA.2, dan sekitar 637 kasus XE telah terlihat di Inggris sejak 19 Januari.

Dengan ini, Prof Zubairi mengimbau agar masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker.

 BACA JUGA:Varian XE Disebut Paling Menular, Masih Ampuhkah Vaksin Covid-19?

"Belum ada alasan untuk khawatir. Tetap pakai masker," jelas Prof Zubairi dalam Twitter pribadinya @ProfesorZubairi.

(DRM)