Share

6 Olahraga yang Paling Efektif untuk Menghindari Sakit Asma

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 07 April 2022 14:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Olahraga untuk Penderita Asma. (Foto: Freepik)

ADA Olahraga yang paling efektif untuk menghindari sakit asma. Asma adalah kondisi saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak akibat peradangan dan penyempitan pada saluran napas.

Asma termasuk salah satu penyakit yang bersifat mudah kambuh. Salah satu penyebab dari asma adalah beraktivitas berat, termasuk olahraga. Hanya saja bukan berarti harus menghindari olahraga sama sekali demi mencegah asma.

Justru, dengan melakukan olahraga yang tepat akan bermanfaat untuk kondisi asma yang derita. Lantas, olahraga apa saja yang efektif menghindari asma? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Renang

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling direkomendasikan untuk penderita asma. Dibandingkan dengan aktivitas lain yang cenderung menyebabkan gejala terkait asma. Terlepas dari manfaat ini, kolam yang diklorinasi dapat menyebabkan gejala pada beberapa individu. Sehingga berhati-hatilah jika Anda baru berenang di kolam renang.

 Sakit Asma

Jalan kaki

Sebagai aktivitas berintensitas ringan, jalan kaki adalah pilihan bagus lainnya. Bentuk latihan ini baik untuk tubuh yang membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

Untuk pengalaman paling nyaman, cukup berjalan di luar saat cuaca hangat. Udara kering dan sejuk dapat memicu atau memperburuk gejala asma. Anda juga bisa berjalan di atas treadmill atau trek dalam ruangan.

Mendaki

Pilihan lainnya adalah menikmati pendakian yang ringan. Pilih jalur yang relatif datar atau memiliki tanjakan yang rendah dan stabil. Jika Anda memiliki alergi, periksa jumlah serbuk sari lokal sebelum mendaki. Hanya mendaki jika tingkat serbuk sari rendah.

Bersepeda

Jika Anda memiliki EIB (exercise-induced bronchoconstriction), cobalah bersepeda dengan santai. Ini adalah aktivitas ringan lainnya yang tidak melibatkan pengerahan tenaga terus-menerus. Anda juga dapat melakukan bersepeda dalam ruangan dengan sepeda stasioner.

Lari jarak pendek

Jika Anda ingin berlari, pilih aktivitas lari jarak pendek seperti sprint. Lari jarak jauh di trek atau di luar mungkin tidak direkomendasikan pada orang dengan asma yang lebih tidak terkontrol karena upaya berkelanjutan yang diperlukan.

 

Olahraga dengan aktivitas ringan lainnya

Olahraga berikut ini cocok untuk penderita asma. Kegiatan ini melibatkan istirahat intermiten, yang lebih lembut di paru-paru seperti:

- Baseball

- Olahraga senam

- Bola voli

- Golf

- Sepak bola

1
2