Share

Varian XE Muncul di Thailand, Indonesia Selow Menuju Endemi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 14:24 WIB
$detail['images_title']
Varian XE ditemukan di Thailand (Foto: 1news)

VARIAN XE awalnya ditemukan di Inggris kemudian menyebar ke sejumlah negara lain. Varian tersebut jauh lebih menular dari varian BA.2.

Thailand baru saja melaporkan penemuan varian XE di tengah upaya negara-negara di dunia melonggarkan aturan Covid-19.

varian XE

Wakil Ketua Komisi Kesehatan Masyarakat Chalermchai Boonyaleephan menjelaskan, Thailand sudah menemukan kasus pertama varian XE dan sedang mengatasinya.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid menjelaskan, Indonesia beralih ke fase endemi tidak dilakukan secara buru-buru.

Pemerintah saat ini sedang fokus kepada cakupan vaksinasi yang menjadi target agar bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas) masyarakat.

Melihat varian terbaru XE turunan Omicron, Kemenkes masih memantau WGS. WGS merupakan prosedur laboratorium untuk menentukan urutan basa dalam genom suatu organisme (bakteri, virus, hingga manusia) terdiri dari DNA dalam satu proses.

"Kita tetap monitor melalui wgs yang kita lakukan ya. Dan ini sebenarnya masih tergolong varian Omicron," jelas Dokter Nadia.

Namun sampai saat ini Kemenkes belum bisa memastikan apakah varian XE dapat mengakibatkan kelonjakan kasus Covid-19. Sebab belum ada data lanjutnya, jika dikaitkan dengan keputusan perlalihan ke fase endemi karena Indonesia tidak akan memutuskan terburu-buru alias selow saja.

(DRM)