Share

Apakah Asma Bisa Sembuh? Begini Faktanya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 13:34 WIB
$detail['images_title']
Apakah Asma Bisa Disembuhkan? (Foto: Shutterstock)

APAKAH asma bisa sembuh? Asma adalah penyakit kronis yang menyerang sistem pernapasan manusia. Penyakit ini menyebabkan penderitanya sering kali mengalami gejala sesak napas, batuk, serta mengi.

Asma adalah penyakit tidak menular utama (PTM), yang mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa. Kebanyakan penderita asma adalah anak-anak.

Terkadang penderita asma mengalami serangan asma mendadak di situasi yang tidak terduga. Permasalahan tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apakah Asma Bisa Sembuh

Sehingga hal ini tak jarang menimbulkan pertanyaan, apakah penderita asma bisa sembuh? Apakah ada cara yang bisa dilakukan agar penyakit asma? Untuk tahu jawabannya, simak penjelasannya di bawah ini.

Perlu diketahui, asma adalah penyakit yang menyebabkan saluran pernapasan menyempit akibat adanya peradangan kronis. Menurut laman WHO (World Health Organization), diperkirakan sebanyak 262 juta orang di dunia mengidap penyakit ini dengan angka kematian sebanyak 461 ribu jiwa.

Asma termasuk penyakit yang tidak bisa sembuh total. Ketika seseorang telah terdiagnosis dengan penyakit tersebut, ini artinya ia harus hidup dengan penyakit ini seumur hidup. Meski begitu, para ahli tidak berhenti mencari solusi serta melakukan berbagai penelitian dalam mengembangkan obat yang bisa menyembuhkan asma secara total.

Asma sendiri tidak dapat disembuhkan, tetapi manajemen yang baik dengan obat hirup dapat mengendalikan penyakit dan memungkinkan penderita asma untuk menikmati kehidupan yang normal dan aktif.

Ada dua jenis utama inhaler, pertama bronkodilator (seperti salbutamol) yang membuka saluran udara dan meredakan gejala, dan Steroid (seperti beclomethasone) yang mengurangi peradangan di saluran udara. Ini meningkatkan gejala asma dan mengurangi risiko serangan asma parah dan kematian.

Orang dengan asma mungkin perlu menggunakan inhaler setiap hari. Perawatan akan tergantung pada frekuensi gejala dan berbagai jenis inhaler yang tersedia.

Demikian pemahaman dan fakta tentang penyakit asma. Semoga bermanfaat!

1
2