Share

6 Cara Mengatasi Asma di Malam Hari Tanpa Perlu ke Dokter

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 12:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Mengatasi Asma di Malam Hari. (Foto: Shutterstock)

ADA beberapa cara mengatasi asma di malam hari yang membuat penderita sulit bernapas dan membuat susah tidur. Kebanyakan penderita asma berat mengalami gejala seperti batuk, mengi, dan sesak napas yang lebih parah di malam hari.

Selain menurunkan kualitas tidur, kurang tidur juga dapat memperparah gejala asma. Tidak jarang dalam suatu kondisi, penderita asma mengalami serangan asma pada malam hari. Pemicu asma di kamar tidur dapat meningkatkan risiko asma nokturnal dan kurang tidur.

Lantas, bagaimana cara mudah mengatasinya di malam hari? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Selain melakukan konsultasi dengan dokter untuk menemukan solusi mengurangi atau menghilangkan pemicu asma, berikut adalah beberapa tips khusus untuk merancang lingkungan kamar tidur yang ideal dan menghindari asma malam hari.

Mengatasi Asma di malam hari

Mengurangi alergen kamar tidur

Tungau, debu dan residu hama di kamar tidur dapat memicu asma malam hari. Menghilangkan atau mengurangi paparan pemicu ini dapat membuat perbedaan besar.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencuci tempat tidur secara teratur dan vakum dan debu setiap minggu. Menggunakan tempat tidur tahan alergen, seperti bantal dan penutup kasur, juga dapat membantu.

Jauhkan hewan peliharaan di luar kamar tidur

Bulu hewan peliharaan dan air liur adalah pemicu asma yang umum. Selain menyedot debu dan membersihkan debu secara teratur, akan sangat membantu untuk menjauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur secara umum. Untuk perlindungan tambahan, pertimbangkan untuk mengganti pakaian sebelum tidur untuk mencegah jejak bulu hewan peliharaan ke tempat tidur.

Hati-hati dengan produk beraroma

Aroma yang kuat dari produk pembersih, lilin, dan produk perawatan pribadi dapat menjadi pemicu bagi sebagian penderita asma. Pertimbangkan untuk menjadikan kamar tidur sebagai zona bebas bau dan pewangi untuk mengurangi asma malam hari.

De-stres sebelum tidur

Stres adalah pemicu asma yang umum. Membuat rutinitas malam yang menggabungkan kegiatan santai, seperti musik lembut, mandi air hangat, atau membaca buku dapat membantu orang tertidur lebih cepat dan mengurangi serangan asma yang berhubungan dengan stres.

Tutup jendela

Banyak penderita asma tahu bahwa perubahan drastis dalam cuaca, suhu, dan kualitas udara dapat menyebabkan asma kambuh. Kurangi perubahan suhu, serbuk sari, dan polusi udara di kamar tidur dengan menutup jendela kamar tidur. Beberapa orang mungkin juga mendapat manfaat dari mengatur suhu dan kelembaban di lingkungan kamar tidur atau mendapatkan filter udara.

Simpan obat asma di dekat Anda

Mengobati serangan asma malam hari adalah bagian penting dari pengendalian asma. Simpan obat asma, bersama dengan segelas air, di dekat tempat tidur sehingga mudah dijangkau jika diperlukan pada malam hari.

Demikian cara mudah atasi asma di malam hari. Semoga bermanfaat!

1
2