Share

Waspada Obat Pelangsing Berlabel Herbal, Malah Ganggu Fungsi Jantung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 17:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Obat Ilegal. (Foto: Freepik)

MEMILIKI tubuh proporsional memang menjadi dambaan banyak orang, baik pria maupun wanita. Tapi, mendapatkan tubuh langsing dan proporsional memang tidaklah mudah.

Mereka yang ingin membentuk tubuh harus displin dalam mengonsumsi makanan dan juga berolahraga. Tapi, tidak sedikit orang yang ingin hasil instan sehingga memilih untuk mengonsumsi obat-obatan, salah satunya obat tradisional.

Nah, yang perlu diwaspadai, saat ini banyak obat tradisional mengandung bahan kimia obat (BKO) dapat dijumpai juga dalam obat pelangsing. Obat jenis tersebut ternyata bisa menyebabkan masalah serius pada ginjal dan jantung.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Decsa Medika Hertanto, Sp.PD, menjelaskan bahwa cara kerja obat pelangsing itu ada yang menurunkan nafsu makan, ada juga yang bekerja mencegah penyerapan lemak.

Obat herbal ilegal

"Nah, beberapa oknum tidak bertanggung jawab menambahkan bahan kimia obat ke obat tradisional pada produk pelangsing dengan tujuan menurunkan nafsu makan atau mencegah penyerapan lemak," papar dr Decsa di acara INSPOT BPOM, Selasa (5/4/2022).

Karena ada kandungan BKO pada beberapa obat pelangsing yang tidak bertanggung jawab, alhasil ketika diminum, efek buruk akan dialami si orang tersebut. Parahnya lagi jika obat jenis ini dikonsumsi orang yang sejatinya tubuhnya sudah cukup ideal.

"Jika seseorang tubuhnya sehat dan sudah ideal begitu, tapi karena dituntut kurus oleh masyarakat, dia minum obat pelangsing dengan BKO misalnya. Efek yang akan terjadi, si orang itu akan kekurangan energi dan protein," papar dr Decsa.

Kurang energi dan protein karena BKO yang terkandung di dalam obat pelangsing abal-abal mengincar efek hilangnya nafsu makan pada orang yang meminum obat tersebut. "Kalau sudah begitu, efek sampingnya akan berbahaya sekali ke jantung, ginjal, bahkan liver," tambahnya.

Oleh karena itu, dr Decsa dengan nama akun Instagram @dokterdecsa, menyarankan kepada masyarakat khususnya orang-orang yang ingin kurus, jangan pilih jalur instan apalagi minum jamu atau obat pelangsing yang tidak jelas identitasnya.

"Obat yang tidak jelas itu maksudnya tidak terdaftar di BPOM misalnya. Kalau sudah tahu tidak terdaftar di BPOM, ya, seharusnya tidak dikonsumsi," tegasnya.

1
2