Share

5 Manfaat Buka Puasa Diawali dengan Minum Air Putih

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 15:39 WIB
$detail['images_title']
Manfaat mengawali buka puasa dengan minum air putih (Foto: Alarabiya)

SAAT berbuka puasa, sudah banyak menu dan takjil yang menggoda untuk siap dimakan. Tapi, tahukah Anda jika lebih baik untuk tetap mengawali buka puasa dengan minum air putih?

Mengawali buka puasa dengan minum air mineral atau air putih akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Seperti kita tahu, 70 persen tubuh terdiri dari air dan banyak sekali manfaatnya.

Air merupakan zat terbaik yang dapat menghilangkan dahaga, dan meminumnya saat perut kosong di jam buka puasa dapat mengatasi beberapa masalah di tubuh.

Lantas, apa saja manfaat mengawali buka puasa dengan minum air mineral atau air putih? Berikut penjelasannya, seperti dirangkum dari laman Bebeautiful.

1. Mencegah dehidrasi

Minum Air Putih

Berdasarkan penelitian, manusia disarankan untuk minum air putih sebanyak 2,5 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air mineral per hari. Hal ini tentu berpengaruh saat berpuasa karena kita tidak bisa minum air putih di siang hari.

Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, Anda bisa menerapkan aturan 2-4-2 saat berpuasa, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

BACA JUGA : 13 Bahaya Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Jangan Anggap Remeh!

2. Meningkatkan energi

Minum air mineral saat perut kosong membuat tubuh aktif. Ini meningkatkan sel darah merah yang berarti lebih banyak oksigen akan mencapai sel-sel, memberi tubuh lebih banyak energi.

BACA JUGA : 10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Biar Gak Gampang Lemas!

3. Mempercepat metabolisme

Minum air mineral saat perut kosong dapat meningkatkan pola makan dan membantu menambah metabolisme hingga 25 persen. Artinya, pencernaan makanan menjadi lebih baik dan cepat. Ini juga membantu menurunkan berat badan. Minumlah air mineral sebanyak mungkin untuk mengurangi lemak tubuh.

4. Membantu menurunkan berat badan

Minum air putih saat perut kosong bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Minum air secara berkala akan membantu mempercepat metabolisme yang membantu membakar kalori lebih cepat.

Saat minum air mineral, racun akan dikeluarkan dari tubuh. Minum lebih banyak air membuat tubuh ingin lebih sering ke kamar kecil, dan dengan cara ini membersihkan serta mendetoksifikasi tubuh dengan cara paling alami. Ini juga membantu mencegah kembung yang tidak diinginkan.

5. Membersihkan kulit

Minum air putih atau mineral adalah cara paling sederhana mendapatkan kulit bersih dan bercahaya. Minum air membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ini juga membantu menjaga pergerakan usus tetap teratur dan akan membantu menghindari sensasi kembung yang terkadang dirasakan.

1
2