Share

Batu Empedu yang Bikin Maia Estianty Sakit GERD, Kok Bisa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 14:39 WIB
$detail['images_title']
Maia Estianty kena gerd (Foto: Inst)

MAIA Estianty sakit GERD. Penyakit tersebut yang menyebabkan dirinya beberapa hari lalu mesti dibawa ke rumah sakit dan mendapat penanganan serius.

Di Channel Youtube Maia Aleldul, penyanyi sekaligus produser musik ternama itu menjelaskan gejala GERD yang dialaminya. Menurut penuturan Maia, ia tak bisa menelan karena tenggorokannya terasa sakit.

"GERD itu awalnya gara-gara aku minum obat, terus kayak ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan. Terus aku minumin air putih, tapi masih kayak ada yang nyantol gitu. Akhirnya, salahnya aku sih, aku minum kopi," kata Maia di video Youtube tersebut, dikutip Okezone, Selasa (5/4/2022).

Setelah minum kopi itu, tiba-tiba Maia mengalami kondisi sakit saat menelan dan minum. Itu terjadi di pesta ulang tahun Krisdayanti.

Pesta Krisdayanti

Esok harinya, Maia mengaku alami demam dan sakit yang luar biasa. Saat menjelaskan sakit, Maia menekan area perutnya. Segera Maia mencari pertolongan, ia menjelaskan sempat diberikan obat pereda nyeri asam lambung dengan cara disuntik.

"Sempat enakan memang, tapi besoknya sakit lagi buat makan dan minum. Rasanya seperti disilet-silet," ceritanya. Gegara kondisi itu, Maia pun mesti tidur di ruang tamu karena posisi tidur harus agak tegak.

Singkat cerita, Maia tak kunjung membaik sampai akhirnya dibawa ke rumah sakit. Beberapa hari perawatan, kondisinya tetap tidak kunjung sembuh sampai akhirnya Maia dicek dokter spesialis bedah RS EMC Alam Sutera dr Tjang Supardjo, Sp.B dan didapati batu empedu di tubuhnya.

Batu empedu itu yang ternyata menyebabkan GERD Maia Estianty. "Karena batu ini. Batu empedunya ukurannya besar, dia mau masuk ke saluran, tapi karena ukurannya besar, enggak bisa, bikin sakit," kata dr Tjang saat memeriksa isi perut Maia Estianty.

"Waktu itu memang kelihatan 3 cm, karena ada beberapa batu yang mengumpul jadi satu. Sekarang kita cek ulang, ukurannya sekitar 2 cm ada dua batu," kata si dokter menjelaskan ukuran batu empedu yang dimiliki Maia Estianty.

"Itu yang bikin Bunda Maia merasa sakit perut, sehingga berobat GERD kemana-mana enggak akan sembuh, karena penyebabnya batu empedu. Diambil dulu (batunya), diselesaikan deh. Baru kemudian biasanya GERD akan sembuh," tambah dr Tjang.

Terlepas dari itu, apakah memang batu empedu bisa sebabkan GERD?

Pada kasus Maia Estianty, batu empedu yang terbentuk di tubuh bisa menyebabkan GERD akibat letak batu yang ada di leher kantung empedu. Efek adanya batu tersebut di leher kantung yang kemudian menyebabkan GERD atau perasaan sakit di perut dan kerongkongan.

Tidak kecil, ukuran batu empedu yang menutupi leher kantung empedu Maia sebesar 2 cm dan ada dua batu. Ini yang meningkatkan risiko sakit yang dialami Maia.

Tapi, secara umum dijelaskan dalam Gallstone Diet, ketika seseorang memiliki batu empedu di empedunya, maka gejala seperti sakit di perut sangat bisa terjadi. Selain itu, pada beberapa kasus juga menyebabkan mual dan muntah.

Gejala itu yang juga banyak dialami pasien GERD. Meskipun, gejala khas GERD adalah rasa terbakar di tenggorokan atau merasa ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan seperti yang dialami Maia Estianty.

(DRM)