Share

Indonesia Siap Transisi dari Pandemi ke Endemi

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 04 April 2022 15:58 WIB
$detail['images_title']
Menuju endemi Covid-19 (Foto: Antara)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyinggung soal status fase Covid-19 dari pandemi ke endemi. Hal tersebut ia ungkapkan dalam Keterangan Pers Rapat Terbatas Evaluasi PPKM yang disiarkan di YouTube, Senin (4/4/2022).

Menkes Budi mengatakan, peralihan tersebut bisa dicapai, jika masyarakat bisa memahami situasi dengan mematuhi aturan terkait Covid-19. Menurutnya Indonesia siap segera transisi dari fase pandemi ke endemi.

 Vaksinasi Covid-19

"Selama masyarakat semakin siap menyadari apa yang harus dilakukan saat pandemi itu menunjukkan kita akan siap bertransisi dari pandemi menjadi endemi," tutur Menkes Budi.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengungkapkan syarat bagi masyarakat yang ingin mudik atau pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN). Syarat utamanya ialah wajib melakukan vaksinasi lengkap dan booster.

"Kalau masih dosis satu harus melakukan tes swab PCR, yang sudah vaksin dua kali masih perlu tes antigen. Sedangkan bagi yang sudah vaksin lengkap dan booster tidak perlu tes apa-apa," jelasnya

Melihat sejumlah lonjakan kasus Covid-19 di negara bagian Eropa dan China, Menkes Budi memastikan kondisi Indonesia jauh lebih baik. Jika dibandingkan negara tetangga, sebab kini bisa menjalankan ibadah puasa dan mudik.

Dia juga menambahkan, jika kondisi berkembangnya kasus Covid-19 dibarengi dengan varian baru Covid-19. Di mana varian Omicron BA.2 menjadi aktor penyebab melonjaknya kasus Covid-19 di berbagai negara, termasuk China.

 BACA JUGA: Menkes: Soal Covid-19, Kondisi Indonesia Jauh Lebih Baik Dibandingkan Negara Tetangga

"Indonesia menjadi salah satu negara jauh lebih baik daripada negara lain tetangga, bahwa lonjakan kasus Covid-19 dibarengin varian baru," ucapnya menambahkan.

(DRM)