Share

3 Cara Ampuh Kurangi Nyeri ketika Menstruasi

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 April 2022 19:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Nyeri Mestruasi. (Foto: Shutterstock)

PARA perempuan memang akan mengalami haid setiap bulannya. Hadi atau siklus menstruasi tersebut memang kerap terjadi jika sel telur seorang perempuan tidak dibuahi oleh sperma.

Hasilnya, sel telur yang sudah matang tersebut akan pecah dan dan keluar dalam bentuk darah. Meskipun proses ini normal terjadi setiap bulannya, namun kenyataannya beberapa wanita sering mengalami rasa nyeri dan kram di bagian perutnya ketika menstruasi.

Nyeri haid sebenarnya disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kontraksi otot pada rahim hingga meningkatnya zat prostaglandin dalam tubuh. Zat prostaglandin ini menyerupai hormon yang sangat penting karena dibutuhkan dalam sistem reproduksi.

Maka dari itu, jika nyeri haid dirasakan cukup parah dan mengganggu kegiatan aktivitas, berikut cara untuk mengurangi gejalanya.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Nyeri Haid

Selama masa menstruasi hindari yang minuman menyebabkan perut kembung, seperti kafein, minuman bersoda, dan alkohol. Untuk makanan, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, susu, dan makanan bergizi lainnya.

Olahraga

Nyeri Haid

Pada masa haid, ada baiknya Anda jangan sampai berdiam diri. Ketika aktif secara fisik bisa membantu mengurangi rasa sakit dan kram pada perut. Beberapa olahraga ini baik untuk Anda lakukan seperti yoga, bersepeda, dan jalan kaki santai.

Kompres dan Pijatan Lembut

Nyeri Haid

Kompres perut dengan air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa nyeri. Hal ini dilakukan bersamaan dengan pijatan lembut di perut, yaitu pijat dengan gerakan melingkar di bagian rasa nyeri sekitar 3-5 menit.

Untuk membantu proses pijatan Anda bisa gunakan minyak kayu putih, minyak telon, atau minyak lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2