Share

Penderita Long Covid-19 Alami Masalah Kognitif, Salah Satunya Sering Lupa

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 04 April 2022 14:32 WIB
$detail['images_title']
Penderita long covid-19 sering lupa (Foto: Endeavour foundation)

BAGI mereka yang pernah positif Covid-19, mereka berpotensi mengalami Long Covid-19 atau covid-19 berkepanjangan. Namun, dampak yang ditimbulkan beragam, seperti gangguan kognitif.

Lalu seperti apa masalah kognitif yang ditimbulkan oleh Long Covid-19?

Sebuah penelitian sebelumnya menunjukkan 49,6% dari mereka dengan Long Covid-19 melaporkan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk membuat pekerja medis menganggap serius gejala mereka.

 penderita long covid

"Mereka merasa tidak dianggap serius, atau malah dicemooh,” ujar Prof Hampshire dari Departemen Ilmu Otak di Imperial College London, dilansir Medical News Today, Senin (4/4/2022).

“Kami masih dalam proses memahami pola klinis Long Covid-19 jadi penting untuk mengakui ada banyak hal yang tidak diketahui," tambah Dr. Muzaffer Kaser, rekan penulis studi dan peneliti.

Sejak Oktober 2020 hingga Maret 2021, para peneliti merekrut sekelompok orang dewasa yang melaporkan mereka memiliki gejala Long Covid-19.

 BACA JUGA: Gejala Long Covid-19 pada Anak Didominasi Kesedihan dan Kecemasan

Di antara peserta yang ikut penelitian, yang sudah sembuh total (42 orang), yang masih bergejala ringan (53 orang), dan yang terus bergejala parah (66 orang). Hasilnya peserta dengan Long Covid-19 melaporkan masalah kognitif mereka antara lain, 78% melaporkan kesulitan berkonsentrasi, 69% melaporkan mengalami brain fog, 67,5% melaporkan sering lupa, 59,5% melaporkan kesulitan mengingat kata yang diinginkan, 43,7% melaporkan mengetik atau mengucapkan kata yang tidak diinginkan.

(DRM)