Share

WHO Menangguhkan Vaksin Covid-19 Asal India

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 04 April 2022 14:17 WIB
$detail['images_title']
WHO menangguhkan vaksin dari India (Foto: Istockphoto)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menangguhkan vaksin Covid-19 asal India 'Covaxin'. WHO meminta negara-negara yang telah menerima vaksin untuk mengambil tindakan meskipun tidak merinci tindakan apa yang akan dilakukan.

Sikap tersebut dilakukan melalui badan-badan PBB yang disampaikan pada Sabtu (2/4/2022) kemarin. Alasan penangguhan tersebut sebagai tanggapan atas hasil pemeriksaan daftar penggunaan darurat (EUL) WHO yang dilakukan dari 14 Maret hingga 22 Maret, dan pembuat vaksin telah menunjukkan komitmennya untuk menangguhkan produksi Covaxin untuk ekspor.

 Vaksin Covid-19

Pihak perusahaan Bharat Biotech tidak segera menanggapi permintaan komentar yang dikirim di luar jam kerja. Bharat Biotech juga sedang memperlambat produksi Covaxin, karena permintaan turun seiring dengan penurunan infeksi dan cakupan imunisasi lebih luas di negara itu.

"Kami berkomitmen untuk mematuhi dengan mengatasi kekurangan GMP dan sedang mengembangkan rencana tindakan korektif dan pencegahan, untuk diserahkan kepada Drugs Controller General of India (DCGI) dan WHO," kata perusahaan seperti dilansir Channel News Asia, Minggu (3/4/2022).

Perlu diketahui, India menuju negara adidaya Vaksin Covid-19, di mana bulan lalu perusahaan Gennova Biopharmaceuticals yang berbasis di Pune telah menyerahkan, data uji coba fase II dan III dari vaksin mRNA Covid pertama India ke Regulator Drugs Controller General of India (DCGI).

 BACA JUGA:Joki Vaksin Covid-19, Pria Ini Diduga Disuntik Sebanyak 87 Kali

Menurut anggota Dewan Riset Media India (ICMR) Dr Balram Bhargava, vaksin akan berguna di masa depan untuk pengobatan penyakit lain. India sedang menuju menjadi negara adidaya vaksin.

(DRM)