Share

Varian XE Lebih Menular, Perlukah Khawatir?

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 04 April 2022 13:17 WIB
$detail['images_title']
Varian XE muncul di Inggris (Foto: 1News)

MENURUT perkembangan terbaru virus Covid-19, ternyata telah ditemukan sebuah varian baru yang diklaim 10 persen lebih cepat menular dari Son Of Omicron/Stealth Omicron (BA.2). Hal itu diyakini Badan Kesehatan dan Keamanan Inggris (UKHSA).

Varian XE dikenal sebagai varian rekombinan, yaitu ketika genetika dari dua galur bercampur untuk membuat versi baru.

 pandemi Covid-19

"Rekombinan khusus ini, XE, telah menunjukkan tingkat pertumbuhan yang bervariasi dan kami belum dapat memastikan apakah ia memiliki keunggulan pertumbuhan yang sebenarnya," ujar Profesor Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis, UKHSA dilansir The Sun, Senin (4/4/2022).

Sebuah laporan UKHSA menjelaskan, "XE menunjukkan bukti penularan komunitas di Inggris, meskipun saat ini kurang dari satu persen dari total kasus berurutan."

Dikatakan XE memiliki tingkat pertumbuhan 9,8 persen di atas BA.2, dan sekitar 637 kasus XE telah terlihat di Inggris sejak 19 Januari.

Sehubungan dengan itu Israel telah memperingatkan jenis XE pada awal Maret, dengan mengatakan telah menemukan dua kasus di sana. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada saat itu memperingatkan terhadap negara-negara Eropa yang meremehkan bahaya yang ditimbulkan oleh strain campuran, Hindustan Times melaporkan.

Kendati demikian apakah kita perlu khawatir?

Tom Peacock, Ahli Virus dari Imperial College of London menjelaskan, ancaman dari varian X yang diambil secara global. Dalam akun sosial media Twitter, dia menulis: “Seberapa peduli kita seharusnya tentang rekombinan ini?

“Rekombinan yang mengandung lonjakan dan protein struktural dari virus tunggal (seperti XE atau XF) cenderung bertindak serupa dengan virus induknya," katanya.

 BACA JUGA:Muncul Varian XE, Seperti Apa Gejalanya?

Selain varian baru XE, WHO mengingatkan ada dua varian baru rekombinan yang menyebabkan kekhawatiran, yang disebut XF dan XD. Diketahui XF merupakan campuran strain Delta Inggris dan Omicron asli, dan dijuluki "Deltacron".

(DRM)