Share

Ini Bahaya Penyakit Anemia Jika Terlambat Ditangani

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 04 April 2022 15:31 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Bahaya Penyakit Anemia. (Foto: Freepik)

ADA bahaya penyakit anemia jika kita tidak segera menanganinya. Memang, anemia merupakan penyakit yang umum terjadi pada masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Penyakit ini pun lebih banyak menyerang pada remaja perempuan.

Anemia sendiri merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh kadar hemoglobin (Hb), komponen dalam sel darah merah yang memiliki fungsi sebagai pengikat oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh manusia, pada darah berada di bawah normal.

Lantas, seperti apa bahaya penyakit anemia jika tidak ditangani? Berikut informasinya.

Bahaya Penyakit Anemia

Penyakit anemia sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, jika penyakit ini tidak segera ditangani bisa menyebabkan hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Hal ini bisa terjadi karena ketika tubuh manusia kekurangan hemoglobin pada sel darah merah, maka otak dan otot manusia akan kekurangan oksigen.

Menurut laman mayoclinic.org, ada beberapa gejala yang mungkin dialami oleh penderita anemia, yaitu:

- Kepala pusing dan badan terasa lemah

- Warna kulit tubuh yang pucat

- Mual

- Nafas yang tidak beraturan

Gejala umum itu masih bisa ditangani jika segera anda bawa ke dokter. Namun, apabila tidak segera ditangani dapat mengakibatkan gejala yang lebih serius dan berbahaya bagi tubuh, seperti:

- Kelelahan yang ekstrem sehingga menyebabkan anda tidak bisa beraktivitas sehari-hari

- Adanya komplikasi kehamilan pada wanita hamil, seperti menyebabkan bayi lahir secara prematur.

- Adanya masalah pada jantung yang disebabkan karena aritmia. Hal ini dapat terjadi karena ketika menderita anemia, jantung akan memompa lebih banyak darah sehingga dapat mengakibatkan gagal jantung atau pembesaran jantung

- Kematian. Ada beberapa jenis anemia yang dapat menyebabkan kematian, seperti anemia sel sabit. Hal ini terjadi karena penderita akan mengalami komplikasi dan kehilangan banyak darah.

Demikian informasi Okezone mengani bahaya penyakit anemia jika tidak ditangani.

1
2