Share

4 Kiat Anti Loyo Kerja di Kantor Selama Puasa Ramadan

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 April 2022 03:00 WIB
$detail['images_title']
Kerja tetap fit selama puasa (Foto: Freepik)

MINGGU pertama puasa mungkin menjadi tantangan berat bagi sebagian orang di bulan Ramadan 2022 ini. Apalagi sekarang sudah mulai kembali kerja ke kantor bila sebelumnya masih Work from home (WFH).

Menahan rasa lapar dan haus saat bekerja di kantor bisa membuat seseorang menjadi lemas alias loyo dan susah konsentrasi. Sebenarnya ada beberapa kiat agar tubuh tetap segar saat berpuasa.

Berikut kiar agar tubuh tetap segar kerja di kantor selama puasa Ramadan yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Utamakan Sahur dengan Nutrisi yang Cukup

Puasa Ramadan

Sahur memang disunahkan dalam menjalankan puasa, namun sahur sangat disarankan agar asupan energi terpenuhi. Sama halnya dengan sarapan sebelum beraktivitas, sahur pun mampu memberikan tenaga extra selama sehari penuh. Asalkan sahur tidak berlebihan dan tetap memperhatikan nutrisinya ya!

Oat, beras merah, dan gandum bisa menjadi pilihan karbohidrat yang bikin kenyang lebih lama. Lalu, jangan lupa juga diimbangi dengan daging rendah lemak, telur, keju sebagai protein dan sayuran serta buah yang berperan sebagai asupan serat agar pencernaanmu tetap lancar. Nah, jangan lupa juga kamu bisa browsing menu sehat dan ikuti tutorial memasak menu sehat di internet.

BACA JUGA : 7 Cara Alami Menurunkan Gula Darah saat Puasa

BACA JUGA : Atasi Tenggorokan Kering saat Berpuasa, Ini Saran dari Dokter THT

2. Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Setelah seharian kurang cairan, maka saat berbuka dan sahur pastikan kebutuhan cairanmu tetap stabil. Nah, agar terhindar dari dehidrasi minumlah 8-12 gelas air putih setiap hari, dijamin tubuh kamu juga lebih prima dan tetap segar meski sedang berpuasa.

Butuh banget nih buat kamu yang selalu ingin mengontrol kadar cairan dalam tubuh, kamu bisa download aplikasi kesehatan agar keseimbangan cairan tetap terjaga. Dengan begitu, kamu bisa rutin mengecek kondisi tubuh kamu selama puasa.

3. Olahraga Ringan

Puasa Ramadan

Tetap menggerakan tubuh sangat dibutuhkan saat berpuasa. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah menjelang berbuka puasa. Tentunya, kamu bisa menyesuaikan olahraga dengan kondisi tubuhmu, yang penting olahraga tersebut tidak terlalu lelah tetapi memberikan energi cukup agar tetap fit.

4. Manajemen Waktu yang Baik

Berpuasa tentu membuatmu harus menyesuaikan diri dengan waktu. Berbeda dengan hari pada umumnya, hari-hari di bulan Ramadan menuntutmu tetap produktif bekerja tetapi juga harus bangun di malam hari untuk sahur.

Untuk itu, agar harimu tidak diisi dengan pekerjaan yang menumpuk dan waktu yang tidak stabil, kamu perlu mengaturnya dengan baik. Kamu bisa meluangkan waktu dan membaginya dengan mendengarkan tausiyah online agar tetap mendapatkan siraman rohani saat berpuasa.

Selain itu, kamu juga bisa menyelingi waktu dengan melakukan hobi, misalnya dengan menonton serial atau film secara online, dan yang paling penting, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan agar tubuh kembali fresh dan bersemangat.

1
2