Share

Malaysia Sudah Endemi, Bagaimana Indonesia? Ini Kata Kemenkes

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 21:31 WIB
$detail['images_title']
Sejumlah negara masuk fase endemi (Foto: BBC)

MELIHAT perkembangan kasus Covid-19 di berbagai negara yang memutuskan melepaskan status pandemi menjadi endemi. Salah satu negara yang mulai hari ini berganti status fase ialah Malaysia.

Hal tersebut membuat sejumlah masyarakat bertanya bagaimana nasib Indonesia?

 pandemi Covid-19

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, jika Indonesia tidak terburu-buru memutuskan beralih ke status endemi.

"Indonesia tidak terburu-buru untuk menyatakan dalam fase endemi," ujarnya, Jumat (1/4/2022).

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa pemerintah sedang fokus kepada cakupan vaksinasi yang menjadi target agar bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh (Imunitas) masyarakat. Target tersebut sebesar 70 persen .

Juga melakukan pengendalian laju penularan untuk mendeteksi kasus Covid-19 di tengah masifnya mobilitas saat ini. Mengingat juga baru saja pemerintah membolehkan untuk masyarakat mudik, tentu ini menjadi kontributor lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Saat ini fokus kita ada peningkatanan cakupan vaksinasi minimal 70% dari total populasi dan pengendalian laju penularan," tambah dr Nadia.

"Percepatan vaksinasi booster dan testing dan tracing yang terus kita tingkatkan," jelasnya.

Perlu dipahami, kabar baik datang dari negara tetangga, Malaysia telah melepas status pandemi menjadi endemi pada (1/4) tengah malam nanti. Setelah lebih dari dua tahun, berjuang melawan pandemi Covid-19, dengan pemberlakuan perintah pengendalian pergerakan pertama pada 18 Maret 2020.

 BACA JUGA:Selamat! Malaysia Masuk Fase Endemi Sejak Hari Ini

Melansir dari Malaymail, bila tempat usaha akan diizinkan untuk buka sesuai dengan jam operasional yang tercantum dalam izin operasi tempat mereka. Juga tidak ada lagi aturan physical distancing ketika shalat berjamaah di masjid dan surau serta upacara keagamaan di rumah ibadah.

(DRM)