Share

Selamat! Malaysia Masuk Fase Endemi Sejak Hari Ini

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 12:56 WIB
$detail['images_title']
Malaysia mengakhiri pandemi Covid-19 (Foto: Biotech)

KABAR baik datang dari negara tetangga, Malaysia telah melepas status pandemi menjadi endemi pada (1/4) tengah malam nanti. Setelah lebih dari dua tahun berjuang melawan pandemi Covid-19, dengan pemberlakuan perintah pengendalian pergerakan pertama pada 18 Maret 2020.

Melansir dari Malaymail, bila tempat usaha akan diizinkan untuk buka sesuai dengan jam operasional yang tercantum dalam izin operasi tempat mereka. Juga tidak ada lagi aturan physical distancing ketika shalat berjamaah di masjid dan surau serta upacara keagamaan di rumah ibadah.

 petronas

Namun, masyarakat Malaysia tetap mengunakan masker di tempat umum dan check in menggunakan aplikasi MySejahtera, kecuali di tempat terbuka yang tidak ramai dan tidak ada tempat berkumpul.

Sehubungan dengan itu, ada sembilan negara bagian termasuk Wilayah Federal, Terengganu, Sarawak, Perak, Penang, Kelantan, Kedah, Selangor dan Melaka telah mengumumkan izin melakukan sholat berjamaah tanpa jarak fisik mulai 1 April.

 BACA JUGA: Kemenkes Siapkan Fitur Baru PeduliLindungi untuk Menghadapi Endemi

Dengan tetap mematuhi aturan di masjid dan surau di seluruh negara bagian menurut ukuran sajadah, yaitu lebar 0,6 meter x panjang 1,2 meter.

(DRM)