Share

6 Solusi Mengatasi Tenggorokan Kering saat Puasa

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 20:00 WIB
$detail['images_title']
6 Solusi mengatasi tenggorokan kering saat puasa (Foto:

6 SOLUSI mengatasi tenggorokan kering saat puasa penting untuk Anda ketahui. Selain lapar dan haus, tenggorokan yang terasa kering menjadi menjadi salah satu masalah yang dialami banyak orang saat menjalani puasa Ramadan.  

Tenang, sebetulnya kondisi tenggorokan terasa kering saat berpuasa ini bisa dihindari dengan beberapa tips sederhana. Apa saja tips agar tenggorokan tidak kering saat puasa di bulan Ramadan? Merangkum berbagai sumber, Kamis (31/3/2022) berikut ulasan singkatnya di bawah ini.

Minum air mineral cukup

6 Solusi Mengatasi Tenggorokan Kering saat Puasa

(6 Solusi Mengatasi Tenggorokan Kering saat Puasa, Foto: Timesofindia)

Tenggorokan dan mulut kering jadi salah satu kita kurang cukup minum air. Mengalami dehidrasi, membuat tubuh tak bisa memproduksi cukup air ludah yang melembapkan tenggorokan dan mulut. Maka dari itu, minum air mineral yang cukup saat sahur dan berbuka. Mengutip Healthline, takarannya 3,66 liter cairan untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita. 20 persennya bisa didapat dari makanan seperti sayuran, buah, dan makanan lain.

BACA JUGA : 5 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan saat Puasa, Nomor 1 Paling Susah!

Hindari air non-mineral

Cukup minum air itu penting, tapi ingat hanyalah air mineral. Hindari mengonsumsi air teh, kopi, dan soda yang justru karena kandungan kafeinnya bisa menghilangkan kadar air dalam tubuh. Makin sedikit kadar air di dalam tubuh, makin cepat haus, makin terasa kering pula tenggorokan.

BACA JUGA : 

Jaga nafas tetap segar

Sikat gigi minimal dua kali. Bisa dilakukan saat sahur dan berbuka selama 4 menit, atau terutama sebelum berangkat tidur di malam hari. Membersihkan lidah, mulut, dan minum air mineral yang cukup bisa membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik dan menstimulasi produksi air ludah.

Follow Berita Okezone di Google News

Hindari makanan pedas

Dikutip dari Practo, otorhinolaryngologist Dr. Lakshmi Ranjit, menyarankan selama sahur dan berbuka puasa hindari makanan pedas dan panas. Hindari juga menu makanan buka puasa, yang disantap malam hari (sebagai makan malam) dengan porsi banyak dan besar.

Konsumsi buah dan sayur

Mencukupi asupan air untuk tubuh bukan hanya dari air mineral, tapi bisa juga dengan makan buah yang tinggi kandungan airnya, seperti apel, jeruk, melon, semangka, dan nanas. Bisa juga dengan memasukkan sayuran contohnya bayam, brokoli, wortel, dan seledri ke piring makanan sahur dan berbuka puasa. Kandungan antioksidan, air, vitamin dan mineral pada sayur dan buah membantu memicu produksi air liur loh!

Hindari suhu dingin

Suhu di sekitar kita juga berpengaruh loh! Maka dari itu, mengurangi peluang tenggorokan kering, disarankan juga untuk menghindari paparan AC atau kipas dalam periode atau jangka waktu yang terlalu lama.

1
2