Share

Kenali Gejala Anemia Pada Remaja Putri

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 11:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Anemia pada Remaja. (Foto: Shutterstock)

ADA gejala anemia pada remaja putri yang menjadi topik pembahasan pada artikel kali ini. Remaja perempuan diindikasikan lebih rentan terkena anemia daripada remaja laki-laki.

Fakta ini berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan RI, jika 23 % remaja putri di Indonesia mengalami anemia sedangkan remaja putra hanya 12 %. Mengutip dari buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur oleh Kementerian Kesehatan RI, anemia adalah sebuah kondisi dimana tubuh memiliki kadar hemoglobin (Hb) lebih rendah dari jumlah normal.

Fungsi hemoglobin sendiri adalah untuk mengikat oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh sel jaringan tubuh. Sebagian besar penyebab anemia adalah kekurangan zat besi pada tubuh. Lantas, bagaimana dengan Gejala Anemia Pada Remaja Putri? Berikut informasinya.

Anemia pada Remaja

Gejala Anemia Pada Remaja Putri

Gejala anemia pada remaja putri maupun putra sebenarnya sama, yaitu 5L. 5L adalah Lesu, Letih, Lemah, Lelah, dan Lalai. Gejala tersebut juga disertai dengan:

- Sakit kepala dan terasa pusing

- Mata berkunang-kunang

- Mudah mengantuk

- Badan terasa cepat lelah

- Menurunnya daya konsentrasi

Secara klinis, penderita anemia biasanya ditandai dengan bagian tubuh yang terlihat pucat, seperi wajah, kulit, bibir, dan lain-lain.

Lantas, kenapa remaja putri lebih rentan terkena anemia?

Nah, mungkin Anda bertanya-tanya kenapa remaja putri lebih rentan terkena anemia, jawabannya adalah karena remaja putri tengah dalam masa pubertas dimana mereka mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini mendorong tingginya kebutuhan zat besi.

Selain itu, remaja putri di masa pubertas ini akan mengalami menstruasi yang membuat mereka banyak kehilangan darah. Sehingga kebutuhan zat besi bisa meningkat dua kali lipat. Inilah alasan kenapa remaja putri harus mengkonsumsi zat besi secara cukup.

Zat besi dapat ditemukan dalam berbagai macam bahan makanan. Seperti pada produk susu, makanan dengan tinggi kalsium, sumplemen kalsium, kopi, dan juga teh.

Itulah ulasan dari Okezone mengenai Gejala Anemia Pada Remaja Putri.

1
2