Share

Cegah Kolesterol Naik saat Puasa, Hindari Makanan-Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 12:00 WIB
$detail['images_title']
Tips cegah kolesterol naik saat puasa (Foto: Alarabiya)

RAMADAN 2022 ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari, sebagian besar umat Muslim harus menjalani ibadah puasa.

Puasa pun tak hanya menjadi ibadah, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Namun di sisi lain, rentan juga mengalami peningkatan kolesterol akibat konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula berlebih. Apalagi jika makanan dan minumannya tidak dikontrol saat berbuka puasa dan sahur.

Puasa Ramadan

“Kita mungkin suka berbuka puasa dengan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti daging berlemak, jeroan, junk food, atau makanan tinggi lemak jenuh lainnya, seperti makanan/minuman bersantan, gorengan, sebagai reward setelah berpuasa selama belasan jam. Alhasil, kadar kolesterol jahat dalam tubuh pun meningkat,” jelas dokter spesialis gizi klinis di RS Siloam Kebon Jeruk dr Sheena R Angelia, MGizi, SpGK, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (29/3/2022)..

Seperti telah diketahui bahwa kolesterol tinggi bisa menimbulkan banyak penyakit seperti jantung koroner, stroke, hingga penyumbatan pembuluh darah.

BACA JUGA : Tips Menurunkan Berat Badan Sambil Puasa Ramadan, Coba Yuk!

Dia mengungkapkan, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol. Mulai dari mengadopsi pola makan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, dan tinggi serat.

BACA JUGA : Mendadak Mageran saat Puasa, Awas Kolesterol Jahat Bisa Naik!

Kemudian, mengurangi konsumsi makanan-makanan dengan kandungan lemak jenuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol, dan meningkatkan aktivitas fisik serta berolahraga selama 15-30 menit, sebanyak 3-5 kali seminggu secara rutin.

Selain itu, hindari juga merokok dan melakukan pengelolaan stres dengan baik. “Cara terbaik menangani kemungkinan peningkatan kadar kolesterol adalah dengan medical check-up secara rutin. Sehingga ketika kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat, kita bisa segera mendeteksi dan melakukan perubahan gaya hidup, khususnya pola makan dan aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)